Ecommerce Marketing – karena hadirnya teknologi yang memudahkan digitalisasi, kini kebiasaan manusia untuk memenuhi kebutuhannya yaitu dengan belanja online lewat toko ecommerce. Hal ini membuat marketer harus memikirkan cara untuk menggunakan strategi pemasaran digital (digital marketing) yang harus disesuaikan dengan trend Marketing dan khusus bagi platform ecommerce, yang kini disebut sebagai strategi ecommerce marketing.
Apa Itu Ecommerce Marketing?
Ecommerce marketing merupakan berbagai usaha pemasaran untuk melakukan promosi produk yang telah di jual dalam toko online atau ecommerce. Jadi, bisnis bisa melakukan pemasaran secara digital yang nantinya bisa membantu meningkatkan penjualan dan ROI.
Marketer bisa melakukan sebuah campaign pemasaran dan iklan promosi untuk mendatangkan konsumen baru dan meningkatkan pengunjung penjualan pada toko online bisnis. Kemudian, mengubahnya menjadi pelanggan yang potensial dan juga mempertahankan para konsumen lama supaya Kembali lagi membeli produk.
Jenis Strategi Ecommerce Marketing
1. Sosial Media Marketing
Strategi ini telah menjadi andalan bagi bisnis ecommerce bahwa sosial media marketing merupakan cara terbaik untuk usaha penjualan produk dan jasa bisnis secara digital.
2. Content Marketing
Content marketing merupakan hal mendasar dari pemasaran secara digital. Strategi ini lebih mengutamakan tahap membuat dan membagikan konten promosi seperti artikel, video, podcast, serta media lainnya yang berguna dan berkaitan dengan kebiasaan dan keinginan target pembeli. Baik itu lewat media sosial, website dengan mnegoptimasi SEO, email, dan berkolaborasi dengan para influencer dan Kerjasama pihak dengan pihak lain.
Baca Juga : Mengenal Storytelling Marketing dan Pentingnya bagi Bisnis
3. Search Engine Marketing
SEM memanfatkan SEO yang bergantung pada wawasan marketer mengenai algoritma ranking Google untuk memaksimalkan konten.
4. Email Marketing
Email marketing memberikan manfaat untuk memudahkan marketer dalam pemasaran iklan produk dan jasa secara otomatis. Seorang marketer bisa mempersiapkan sebuah personalisasi email seperti drip campaign untuk konsumen yang terhubung sesuai dengan keinginan dan proses untuk proses pembelian.
5. Influencer Marketing
Marketing ini telah fokus terhadap influencer marketing, yang didalamnya menghubungkan produk dengan para influencer yang akan mempengaruhi target pelanggan untuk menjual bisnis.
6. Partnership dan Affiliate Marketing
Afiliasi merupakan orang maupun bisnis yang membantu untuk proses penjualan produk secara online untuk memperoleh bayaran (endorsement).
Affiliate marketing ini dijalankan dengan memasang iklan berbayar, content marketing, serta strategi marketing yang lain untuk mendatangkan pengunjung pada produk.