Mengenali Email Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Mengenali Email Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Email Marketing – Email marketing merupakan salah satu komponen dasar dalam strategi pemasaran. Dengan membuat email khusus penjualan yang dijadikan informasi untuk pelanggan mengenai aktivitas perusahaan, promosi, dan penawaran produk terbaru. Email marketing juga sebagai ajang untuk mengajak pelanggan berbelanja serta membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Jenis-jenis Email Marketing

  • Email Newsletter, merupakan jenis email marketing yang bisa digunakan untuk memberi tahu pelanggan mengenai promosi, edukasi produk, penawaran terbaru, dan informasi mengenai produk terbaru yang perusahaan luncurkan. 
  • Video Email, berkembangnya teknologi membuat jenis gambar bergerak atau motion maupun video banyak digemari sehingga bisa menjadi bahan dalam email marketing yang bisa membuat pelanggan tertarik.
  • Survei dan Undangan, jenis email marketing ini adalah suatu cara dari perusahaan untuk menggapai pelanggannya dengan cara mengirim kolom yang harus diisi oleh pelanggan atau menghadiri acara.
  • Email transaksi, merupakan email berbentuk informasi dari suatu proses transaksi ketika mereka menjalankan pembelian menggunakan website atau aplikasi yang dibuat oleh perusahaan pengirim email.  
  • Katalog, bisa digolongkan ke dalam email marketing karena di dalamnya berisi penjelasan singkat suatu produk yang beserta harga. Di dalamnya hanya memuat gambar, nama produk, dan harga produk.

Cara Membuat Email Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

1. Memilih email marketing tools yang tepat

Hal utama yang harus diperhatikan adalah memilih dan berlangganan email marketing tools. Hal ini mempermudah Anda dalam mengirim email, sehingga tidak perlu satu-satu mengirim ke pelanggan.

2. Mengumpulkan daftar kontak

Buat daftar kontak pelanggan siapa saja yang ingin dikirimkan email. Anda tidak disarankan untuk membeli daftar nama email pelanggan, lebih baik mengirim ke sedikit kontak dibanding harus membelinya.

Baca Juga : Mengapa CRM Penting Bagi Bisnis Anda?
3, Memaksimalkan subjek dalam email

Memaksimalkan menulis subjek email dapat meningkatkan presentase email untuk cepat dilihat dan dibaca oleh pelanggan, jadi cara yang terbaik adalah memaksimalkan subjek email Anda.

4. Mendesain tampilan email semenarik mungkin

Menggunakan tampilan yang menarik dan didesain dengan niat membuat pelanggan antusias untuk membuka dan membaca email secara fokus. Hal tersebut bisa saja membuat pelanggan jadi tertarik membeli produk yang Anda tawarkan.

5. Menulis konten email

Menulis konten email juga penting, Anda harus memikirkan apa yang ingin disampaikan dalam email tersebut dan pesan itu harus sampai maksdunya kepada pelanggan.

6. Mengetes pengiriman email

Jika sudah membuat email, pastikan tes email terlenih dahulu sebelum mengirimnya kepada seluruh pelanggan. Tujuannya untuk mengecek apakah masih ada kesalahan atau kekurangan di dalam email yang telah dibuat. Ini juga untuk melihat apakah email yang dikirimkan akan masuk spam atau tidak. Jika semua sudah sempurna, lanjut ke langkah berikutnya.

Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top