Pengaruh Loyalitas Konsumen - maxx99 - Digital Agency
BisnisBrandingMarketing

Pengaruh Loyalitas Konsumen

Loyalitas Pelanggan

Loyalitas Konsumen – Kesetiaan pelanggan didapatkan dari pengalaman baik yang dirasakan oleh konsumen.

Hal yang menjadikan konsumen lebih menyukai satu brand daripada brand yang lain, meskipun produk tersebut sejenis.

Konsumen yang setia biasanya akan bertahan karena adanya hubungan yang telah terbentuk dengan sebuah brand.

Jadi, apa saja hal yang mempengaruhi kesetiaan pelanggan?

Apa Itu Loyalitas Konsumen?

Kesetiaan pelanggan menunjukan ikatan antara brand dengan konsumennya.

Konsumen yang bersedia terlibat pada bisnis Anda dan sudah tidak merasa ragu untuk membeli produk lagi.

Kesetiaan merupakan hasil dari pengalaman baik konsumen pada bisnis yang akhirnya membangun kepercayaan.

Hal yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen

1. Kenyamanan

Kenyamanan dapat dihasilkan dari berbagai hal, salah satunya ketersediaan produk yang anda tawarkan.

Meski konsumen setia menyukai sebuah produk dari brand Anda.

Tapi apabila produk tidak tersedia lagi, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan berpindah pada brand lain yang menawarkan produk sejenis.

BACA JUGA : Cara Membuat Pengunjung Toko Online Menjadi Konsumen Setia
2. Harapan

Hal yang mempengaruhi kesetiaan konsumen, berikutnya yaitu harapan.

Produk yang Anda tawarkan harus bisa memenuhi harapan konsumen di berbagai hal, dimulai dari kualitas, harga, hingga ketersediaan produk.

3. Pelayanan Konsumen

Pelayanan yang di berikan sama pentingnya seperti kualitas produk yang Anda tawarkan.

Tersedianya garansi produk dan solusi dari sebuah masalah biasanya cepat akan meningkatkan kepuasan konsumen yang sebelumnya mengalami pengalaman yang kurang baik.

4. Hubungan 

Bagaimana cara konsumen di perlakukan pihak ketiga, seperti karyawan toko maupun admin online bisnis Anda, bisa meningkatkan bahkan menghancurkan loyalitas konsumen.

Banyak ditemukan, konsumen yang tidak ingin membeli kembali produk karena mereka tidak suka pada pihak penjual.

5. Perhatian

Konsumen juga menginginkan perhatian untuk terus melakukan transaksi dengan Anda, apalagi jika bisnis menyediakan banyak pilihan.

Menyediakan bonus maupun sebuah rewards lain pada konsumen setia, bukan hanya bisa mencegah mereka berpindah pada brand lain.

Namun bisa juga membuat mereka merekomendasikan produk anda pada orang lain.

6. Citra

Citra brand Anda dimata media, baik itu sosial atau komersial bisa mempengaruhi loyalitas konsumen.

7.Brand Community 

Merupakan sebuah tempat untuk konsumen yang mempunyai ikatan dengan brand Anda dapat terkait satu sama lainnya.

Brand community bisa menciptakan kesetiaan yang tidak mudah diputuskan dan menyediakan alasan sosial agar mereka tetap setia pada brand anda.

Back To Top