Penggunaan Sosial Media Facebook pada Digital Marketing
Social Media

Penggunaan Sosial Media Facebook pada Digital Marketing

Penggunaan Facebook

Penggunaan Facebook РFacebook merupakan salah satu platform sosial media yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis seperti untuk membantu  mempromosikan produk.

Facebook marketing merupakan salah satu bagian dari inbound marketing untuk memasarkan produk supaya menarik perhatian pelanggan dengan menggunakan berbagai cara yang unik.

Kelebihan Facebook Marketing

  1. Penyebaran cepat.
  2. Mudahnya menggunakan media online.
  3. Jangkauan lebih luas.
  4. Hemat biaya.
  5. Hasil penjualan lebih tinggi.
  6. Menciptakan kesan menarik dimata pelanggan.
  7. Interaksi lebih mudah.
  8. Meningkatkan keberadaan brand.
  9. Memiliki berbagai macam jenis platform dengan tipe pelanggan berbeda.

Kekurangan Facebook Marketing

  1. Konsep pemasaran online mudah ditiru.
  2. Banyak kompetitor.
  3. Jika ada umpan balik yang negatif dari pelanggan maka akan merusak nama baik brand dengan cepat.
  4. Bergantung pada teknologi.
  5. Berbagai produk belum tentu bisa dipasarkan secara online.
  6. Tidak semua orang melek teknologi.
  7. Interaksi kurang interaktif.
  8. Tampilan profil kurang menarik.
Strategi untuk Menjalankan Facebook Marketing
1. Menentukan tujuan dengan jelas

Pemasaran harus dimulai dengan tujuan jelas, hal ini bisa memudahkan pebisnis untuk mengetahui usaha yang dijalankan sukses atau belum. Apabila pebisnis tidak menentukan tujuan bisnis, maka pebisnis bisa mengetahui strategi mana yang tepat.

2. Menentukan target audiens

Untuk meraih tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, selanjutnya yaitu menentukan target audiens. Dengan menentukan target audiens bisa membantu anda untuk menentukan biaya pemasaran dan membuat jenis konten yang tepat.

3. Membuat konten yang menarik

Setelah menentukan target audiens maka selanjutnya anda harus membuat konten menarik. Cara ini efektif untuk diunggah di facebook atau beriklan dalam facebook ads.

4. Menentukan jadwal posting

Menentukan jadwal postingan tentu penting untuk menentukan kapan posting akan dilakukan dan seberapa sering. Hasilnya mungkin saja kualitas konten kurang optimal. Hal ini bisa memberikan kesan kurang baik pada pelanggan.

5. Aktif berinteraksi dengan pelanggan

Pebisnis jangan hanya fokus terhadap konten yang akan diunggah saja. Karena dengan  begitu, interaksi bisa dilakukan dengan baik, maka akan semakin baik juga keterlibatan yang dibentuk.

6. Menentukan biaya yang sesuai

Strategi berikutnya yaitu menentukan biaya pemasaran yang sesuai. Membuat konten untuk facebook marketing tidak jarang memerlukan biaya. Tujuannya supaya biaya dapat digunakan untuk kegiatan lain.

Baca Juga : Menerapkan Sosial Media Facebook dalam Digital Marketing
Back To Top