Penting, Berikut Tips Strategi Rebranding yang Efektif - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Penting, Berikut Tips Strategi Rebranding yang Efektif

Strategi Rebranding yang Efektif

1. Mulailah dengan Alasan Bisnis yang Tepat

Setiap strategi rebranding harus dimulai dengan pemahaman menyeluruh tentang alasan bisnis di balik rebranding. Apakah didorong oleh kebutuhan untuk mempercepat pertumbuhan? Apakah perusahaan Anda perlu bersaing dengan pesaing yang lebih besar dan lebih mapan?

Beberapa kasus bisnis ini sangat mudah dibuat, seperti menggabungkan dua perusahaan atau seperti memperbesar citra Anda.

Jika Anda tidak jelas tentang alasan bisnis yang mendorong upaya tersebut, Anda berisiko membuang banyak sumber daya. Beberapa alasan utama lainnya untuk mengubah citra perusahaan layanan profesional Anda meliputi :

  • Anda perlu bersaing di tingkat yang lebih tinggi atau di pasar baru.
  • Merek Anda tidak lagi mencerminkan siapa Anda.
  • Perusahaan Anda terpisah dari merek yang ada.
  • Anda memiliki alasan hukum yang memaksa Anda untuk berubah.
  • Anda perlu menyederhanakan dan memfokuskan pesan Anda.
  • Anda memiliki tim pemasaran baru.
  • Anda meluncurkan saluran layanan baru.

2. Teliti Perusahaan Anda dan Klien Target Anda

Setelah Anda jelas tentang kasus bisnis untuk rebranding, langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian independen pada perusahaan Anda dan klien Anda.

Jika Anda mencoba untuk pindah ke pasar baru, penelitian itu juga harus mencakup klien target baru Anda. Tujuannya adalah untuk memiliki pemahaman objektif tentang persepsi dan kompetensi merek Anda saat ini.

Tanpa penelitian ini, Anda hanya akan beroperasi dari perspektif internal. Riset Anda harus berorientasi pada pembeli dan penjual layanan profesional menunjukkan bahwa hampir semua perusahaan memiliki titik buta dan mengubah cara pandang pasar terhadap mereka.

Bagaimanapun, kita semua adalah manusia. Tanpa penelitian yang objektif, Anda akan membangun merek Anda di atas asumsi yang salah.

3. Gunakan Positioning dan Messaging untuk Menangkap Strategi Merek Anda

Saat Anda mengembangkan posisi pasar dan arsitektur pesan perusahaan Anda, Anda akan menemukan inti dari strategi merek Anda. Penentuan posisi pasar adalah deskripsi singkat tentang posisi Anda di ruang pasar. Apakah Anda seorang pemimpin yang inovatif atau penyedia berbiaya rendah?

Penentuan posisi ini akan mendorong banyak keputusan Anda selanjutnya. Tapi Anda tidak bisa begitu saja membuat tekad ini.

Itu perlu menyeimbangkan siapa Anda sebagai sebuah perusahaan dan siapa yang Anda inginkan. Anda harus bisa mendukung positioning Anda atau brand Anda akan kosong.

Arsitektur perpesanan Anda mengartikulasikan pesan Anda ke setiap audiens utama Anda. Pesan-pesan ini harus konsisten dengan merek Anda secara keseluruhan dan dapat didukung. Ini bukan salinan pemasaran. Ini adalah kerangka kerja di mana salinan pemasaran dibangun.

4. Bangun Identitas Merek Anda

Ini adalah bagian dari strategi rebranding di mana Anda mengembangkan elemen visual yang akan mengomunikasikan merek Anda.

Pikirkan nama perusahaan, logo, tagline, warna, desain kartu nama, alat tulis, dan sejenisnya. Elemen ini sering dijelaskan dalam dokumen pedoman gaya merek, yang menyediakan serangkaian parameter untuk memastikan merek Anda diterapkan secara konsisten di semua materi pemasaran Anda.

Banyak orang mengacaukan elemen ini dengan merek Anda. Merek Anda adalah reputasi dan visibilitas bisnis Anda, bukan nama atau logo perusahaan Anda. Identitas merek Anda adalah semacam singkatan visual untuk merek Anda.

5. Bangun Situs Web dan Tingkatkan Visibilitas Online Anda

Situs web Anda adalah alat komunikasi dan pengembangan bisnis terpenting Anda. Ini adalah tempat di mana Anda dapat menceritakan kisah yang menarik kepada setiap audiens Anda. Ini adalah tempat pertama bagi calon klien atau karyawan untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda.

Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa situs web dan kehadiran online Anda adalah jantung dari perusahaan jasa profesional modern.

Semua strategi rebranding pada akhirnya melibatkan situs Anda. Dengan cara yang sangat nyata, situs web dibangun di atas kerangka arsitektur perpesanan Anda. Seiring dengan kehadiran online Anda yang tersisa (pikirkan media sosial, misalnya), itu adalah ekspresi penuh dari posisi Anda.

6. Jaminan Pemasaran

Pada tahap ini dalam strategi rebranding bisnis Anda, Anda akan mengembangkan semua materi pemasaran yang Anda butuhkan untuk mengomunikasikan merek dan pesan layanan Anda. Pikirkan presentasi singkat, templat proposal, brosur, selebaran satu lembar, dan stan pameran dagang.

Ini adalah alat yang akan Anda gunakan untuk mengomunikasikan pesan Anda. Mereka harus tertanam kuat dalam strategi merek Anda.

7. Rencana Pembangunan Merek

Elemen terakhir dari strategi rebranding Anda adalah mengembangkan rencana untuk mempromosikan dan memperkuat merek baru Anda.

Bagaimana Anda akan meluncurkannya secara internal? Dalam layanan profesional, penting bagi karyawan Anda untuk menerima merek baru. Bagaimanapun, mereka adalah produk Anda.

Penting juga bagi bisnis untuk membangun merek dengan cara yang mengomunikasikan reputasi dan keahlian perusahaan Anda, serta namanya. Ini harus mengkomunikasikan posisi pasar Anda. Membangun merek yang berbeda untuk layanan profesional.

Beberapa strategi rebranding gagal karena mereka mencoba merampingkan proses. Yang lain gagal karena mereka memilih rekan kerja yang salah. Tapi tidak harus seperti itu.

Mulailah dengan strategi rebranding yang baik. Temukan pasangan yang berpengalaman. Berikan perhatian yang layak untuk rebranding dan imbalannya akan mengikuti. Perusahaan yang memiliki posisi baik yang mengkomunikasikan mereknya dengan jelas memang merupakan pesaing yang tangguh.

Baca juga : https://suakaraya.com/perlukah-rebranding-dalam-sebuah-perusahaan/

Contoh Kasus Rebranding yang Sukses

Appel

Ingat di awal hingga pertengahan 90-an ketika Microsoft menguasai industri perangkat lunak komputer dan Apple nyaris tidak bertahan? Ini adalah cerita yang jauh berbeda hari ini, dan sebagian besar merupakan bagian dari kembalinya Steve Jobs dan rebranding Apple yang dimulai pada tahun 1998.

Memperkenalkan: iMac.

Warna yang menarik. Indah, mudah dioperasikan. Maaf, tidak ada warna krem. Ini hanyalah beberapa slogan iMac yang cocok dengan tampilan baru yang belum pernah dilihat dunia PC sebelumnya.

Anda tidak hanya dapat memilih warna Anda sendiri untuk sentuhan pribadi, tetapi PC dan monitor Anda sekarang menjadi unit lengkap, yang masuk akal. Logo Apple juga mendapat perubahan kali ini agar sesuai dengan produk baru mereka, menghilangkan tampilan pelangi untuk tampilan mengkilap dan mengkilap. Tagline baru mereka adalah “Berpikir berbeda”.

Dengan Steve Jobs memimpin perusahaan, Apple terjebak dengan tampilan baru mereka, yang menampilkan desain yang bersih dan pesan yang disederhanakan.

Mereka terus menciptakan produk yang sangat inovatif, merilis ipod, iphone, dan ipad, sementara pesaing mereka berebut untuk mengikutinya. Selama bertahun-tahun, Apple telah membangun pengikut setia, dan telah meningkat menjadi salah satu merek paling populer di seluruh dunia.

McDonalds

McDonalds telah menjadi pemimpin dalam industri makanan cepat saji selama beberapa dekade, namun citra mereka tidak selalu positif.

Pada awal 2000-an, itu secara luas dipandang sebagai pilihan makanan cepat saji yang paling inferior dan tidak sehat. Banyak orang bahkan memboikotnya, dengan sikap “terlalu baik untuk McDonalds”.

Rilis film dokumenter populer “Super Size Me” pada tahun 2004 memainkan peran besar dalam masalah ini, terutama menggunakan McDonalds untuk membuktikan bahwa makanan cepat saji buruk bagi kesehatan kita.

McDonalds memperhatikan stigma ini dan mengambil tindakan pada tahun 2006. Mereka mengubah menu mereka untuk memberikan pilihan yang lebih sehat dan berkualitas tinggi untuk menarik orang yang sadar akan kesehatan.

Salad, dan sandwich “buatan khas” memulai debutnya di antara item menu tradisional mereka. Mereka juga menambahkan fokus baru pada minuman kopi, memberi mereka keunggulan yang tidak dimiliki pesaing mereka.

Selain itu, mereka telah sepenuhnya mengerjakan ulang bangunan dan desain interior mereka agar lebih seperti tempat kopi favorit para hipster daripada kafetaria. Citra baru mereka tampaknya juga berhasil — pendapatan McDonald’s telah meningkat 58% sejak desain ulang mereka.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top