Branding Campaign – Ketika melakukan bisnis, penting bagi perusahaan untuk menjalankan branding campaign. Kampanye ini yang dibuat untuk membangun kesadaran merk. Tujuannya supaya audiens mengetahui brand Anda.
Apa Itu Branding Campaign?
Campaign bisa diartikan sebagai kegiatan strategis yang terorganisir dan dijalankan untuk meraih sebuah tujuan. Dalam sebuah bisnis, campaign biasanya dihubungkan dengan kegiatan memasarkan produk lewat berbagai media baik itu online atau offline.
Sederhananya, branding campaign adalah sebuah kegiatan strategis yang dijalankan untuk membangun, meningkatkan, merubah, atau menciptakan brand awareness. Bedanya dengan marketing campaign yang fokus terhadap hasil penjualan.
Tujuan Campaign Branding
1. Membangun Kesadaran Merk
2. Meningkatkan Hasil Penjualan
Kapan Anda Membutuhkan Kampanye?
1. Meluncurkan Brand
2. Rebranding
3. Meluncurkan Produk
4. Tergantung Musim
Cara untuk melakukan Branding Campaign
1. Memberikan Informasi dari Waktu ke Waktu
Kampanye yang dilakukan untuk re-positioning merk, bukan sebuah pekerjaan mudah. Terdapat berbagai informasi yang harus disampaikan hingga positioning yang baru diketahui audiens.
2. Menentukan Target Audiens Anda
Sebuah cara yang mudah melakukan campaign secara efektif yaitu dengan menentukan target audiens Anda. Dengan memahami target audiens, Anda dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan audiens.
3. Menyampaikan Informasi secara Eyecatching
Branding campaign harus bisa menarik perhatian para audiens. Memberikan banyak informasi pada sebuah iklan mungkin akan bisa membuat target audiens merasa bingung.
Baca Juga : Ketahui Perbedaan Brand dan Branding
Audiens mungkin akan memahami satu pesan dan membiarkan yang lain. Brand campaign bisa dikatakan berhasil jika audiens mengenali sesuatu dengan lebih mudah. Maka dari itu, Anda bisa memperlihatkan hal menarik dari brand.
4. Melakukan Kampanye dalam Berbagai Media
Apabila Anda ingin kampanye merk yang dilakukan sukses, pastikan untuk menayangkan iklan dalam berbagai media. Audiens yang nantinya akan melihat iklan Anda dalam beberapa media mungkin akan lebih terpengaruh untuk membeli produk dari bisnis.
5. Memprioritaskan Efisiensi dibandingkan Efektivitas
Ketahui bagaimana cara brandinng campaign yang dilakukan berjalan secara efisien. Eksposur yang tinggi pada kampanye sangat diperlukan. Alangkah baiknya Anda mempunyai media yang efektif sebagai acuan melakukan kampanye.
6. Melakukan Monitoring
Jika bagiannya lebih terpantau, Anda dapat mengukur performa kampanye dan menggunakannya untuk membantu kampanye Ketika sedang berjalan.
7. Menentukan Metrik dengan Jelas
Tujuan kampanye brand yaitu untuk membngun kesadaran merk. Tentukan metrik secara jelas untuk mengetahui berhasil atau tidak kampanye.