Branding Bisnis – Pentingnya melakukan branding untuk sebuah bisnis merupakan hal yang harus dijalankan oleh para pebisnis. Branding merupakan sebuah proses yang dijalankan untuk meningkatkan pandangan dan keunggulan dari sebuah produk, baik merk dari pribadi atau perusahaan.
Apa Itu Branding?
Branding merupakan sebuah proses untuk membangun pengalaman yang kuat dari suatu merk (perusahaan, produk, layanan, dan jug jasa) di mata para pelanggan. Branding adalah strategi yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk membuat semua orang mengenali merek mereka secara lebih cepat.
Fungsi Melakukan Branding
Melakukan branding secara efektif bia membantu perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat yang lebih luas dan menjadikannya berbeda dengan pesaingnya serta menciptakan kesetiaan dari para pelanggan.
Tujuan Melakukan Branding
Tujuan branding yaitu untuk menarik dan memastikan pelanggan setia dengan menyediakan produk yang sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh para pelanggan.
Pentingnya Melakukan Branding untuk Bisnis
Dengan branding, Anda bisa membedakan produk dengan pesaing dan memperlihatkan manfaat dari produk dan jasa yang ditawarkan. Bahkan melakukan branding dengan efektif juga akan membantu menciptakan pelanggan yang setia.
Strategi Branding yang Bisa Dilakukan
1. Personal Branding
Personal branding merupakan strategi branding yang dijalankan bagi seorang pribadi, bukan untuk bisnis maupun perusahaan lain. Strategi branding ini biasanya dilakukan untuk membangun karakter orang sebagai suatu produk.
2. Product Branding
Product branding fokus terhadap pembuatan sebuah produk yang berbeda dari pesaingnya supaya mudah dikenal. Logo maupun desain merupakan bagian penting yang dimanfaatkan untuk membantu pelanggan mengenali produk lebih mudah.
Baca Juga : Kenali Perbedaan Brand Awareness dan Brand Engagement
3. Corporate Branding
Corporate branding merupakan kajian dan nilai utama yang ditingkatkan oleh suatu bisnis untuk memperlihatkan produknya pada publik dan juga pekerjanya sendiri.
4. Service Branding
Service branding merupakan sebuah branding yang menggunakan kebutuhan pelanggan. Bisnis yang melakukan service branding berupaya untuk menghadirkan pelanggannya dengan melakukan layanan yang berkualitas.
5. Co-branding
Co-branding merupakan sebuah branding yang melibatkan satu atau lebih perusahaan untuk melakukan kerja sama. Co-branding membuat produk saling membantu satu produk dengan lainnya.
6. Online Branding
Online branding merupakan sebuah branding yang membantu suatu bisnis untuk menempatkan produknya menjadi bagian dari pasar online. Cara branding ini meliputi situs website, media sosial, blog, hingga platform branding yang lainnya.