Pentingnya Social Media Management bagi Bisnis - maxx99 - Digital Agency
BisnisBrandingMarketingSocial Media

Pentingnya Social Media Management bagi Bisnis

Pentingnya Social Media Management bagi Bisnis

Pentingnya Social Media Management bagi Bisnis – Di era digital saat ini, marketing dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya melalui media sosial.

Karena kebutuhan untuk terhubung dengan dunia luar secara cepat, membuat orang ketagihan menggunakan media sosial.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa pemasaran sangat efektif dilakukan melalui social media management yang baik.

Pengertian

Social Media Management yaitu penggunaan berbagai alat, software dan layanan yang memudahkan pebisnis untuk membagikan konten dalam media sosial.

Beberapa hal yang dapat dikategorikan dalam kegiatan ini.

Seperti menjadwalkan posting di media sosial, melakukan interaksi dengan target audience hingga mengelola respon yang cepat di dalamnya.

Perannya dalam Bisnis di Era Digital

Saat memasuki era digital, di mana hampir berbagai kegiatan terbantu dengan adanya teknologi.

Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat berbagai hal terlihat lebih simple dan praktis.

Hanya dengan gadget, uang dan koneksi internet, anda bisa berbelanja apa saja  sesuai dengan keinginan.

Barang elektronik, makanan, minuman, kendaraan hingga alat kesehatan bisa lebih mudah untuk dibeli.

Kemudahan ini tenyata tidak berpihak pada pelanggan saja. Kecanggihan teknologi juga membuat pebisnis lebih mudah untuk memasarkan dan menjual produknya.

Jika dulu Anda membutuhkan tempat untuk membuka usaha, maka saat ini sudah ada marketplace.

Tentu saja akan semakin mudah cara memulai bisnis, membuat persaingan lebih ketat.

Persaingan yang ketat mau tidak mau membuat para pebisnis harus bisa beradaptasi dengan cepat.

Caranya yaitu dengan memanfaatkan platform yang menjadi basis audiens dalam jumlah yang besar.

Sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram menjadi media yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

Berikut ini adalah peran sosial media dalam bisnis era digital:

Media Promosi Produk

Media sosial dalam bisnis yaitu sebagai sarana atau media untuk melakukan promosi produk.

Hampir semua orang mempunyai akun sosmed, bahkan biasanya mempunyai lebih dari satu.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mempromosikan produknya secara gratis.

Kapan lagi Anda bisa promosi gratis dengan target audiens yang luas bisa Anda dapatkan? Jika tidak dari platform seperti facebook atau instagram?

Selain itu, hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk membangun komunikasi dengan konsumen atau calon konsumen.

Meski rata-rata akun sosmed berbasis bisnis banyak yang tidak menerima pertanyaan melalui kolom komentar atau direct message.

Tapi anda sebagai pebisnis tidak boleh menutup mata bahwa setiap orang tidak suka dengan hal yang rumit.

Apabila akun bisnis hanya digunakan untuk promosi saja, maka pelanggan merasa tidak puas karena harus memberikan pertanyaan melalui cara lain.

Seperti telepon, email atau WhatsApp.

Selain menerima pertanyaan melalui direct message, Anda juga bisa berinteraksi dengan memberi like pada komentar yang ditinggalkan oleh pelanggan.

Selain itu bisa juga repost atau retweet ulasan dari pelanggan.

Inti dari hal ini yaitu effort anda untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda.

Berbagi Informasi Umum yang Terkait dengan Bisnis Anda 

Peran media sosial dalam bisnis berikutnya yaitu untuk membagikan informasi umum.

Informasi yang diberikan di sini sebenarnya tidak harus selalu berkaitan langsung dengan produk atau bisnis Anda.

Untuk menarik perhatian audiens, Anda bisa mencoba memberi informasi yang sedang tren atau tips yang menarik untuk dibaca atau diikuti.

Dalam hal ini, Anda harus meningkatkan ketertarikan audiens pada akun media sosial Anda.

Apabila mereka sudah tertarik, maka akan lebih mudah untuk proses pengenalan atau promosi produk nantinya.

Mendapatkan Pelanggan atau Target Pasar Baru 

Peran penting lain dari media sosial dalam bisnis yaitu sebagai tempat untuk mendapatkan pelanggan.

Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 200 juta jiwa dan hampir semua orang mempunyai akun media sosial tentu bisa menjadi target pasar baru.

Anda hanya harus memilih platform yang tepat, membuat konten yang sesuai dan strategi promosi yang tepat.

Peran tersebut tentunya menunjukkan bahwa ini menjadi salah satu tools yang harus dimaksimalkan agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik.

BACA JUGA : Fungsi dan Manfaat Social Media Management bagi Bisnis

Pentingnya Social Media Management bagi Bisnis

Hemat Waktu

Anda bisa menghemat waktu lebih banyak dengan Social Media Management yang benar.

Dengan membuat jadwal posting yang tetap dan teratur, maka Anda bisa lebih siap untuk menyediakan konten.

Memperluas Pasar

Aktif dalam sosmed akan membuat bisnis Anda lebih terbuka dan dapat menjangkau lebih banyak kalangan.

Anda hanya harus memilih platform dan konten yang tepat untuk bisa menarik perhatian pelanggan.

Memahami Audiens dengan Baik

Melalui Social Media Management Anda dapat melihat siapa saja pengikut atau orang yang tertarik pada produk anda.

Dimulai dari gender, jenis pekerjaan, usia dan domisili yang biasanya tercantum di akun media sosial mereka bisa menjadi bahan di database awal perusahaan.

Dengan effort yang baik, maka Anda bisa melakukan analisis yang lebih dalam dengan database ini.

Meningkatkan Customer Support

Customer support menjadi salah satu hal yang penting dalam operasional perusahaan.

Selain itu, sosial media magement juga bisa membantu Anda untuk melakukan interaksi dan lebih dekat dengan para pelanggan.

Kontrol yang Lebih Baik

Anda dapat mengontrol citra brand dengan lebih baik melalui media sosial.

Pada dasarnya, Anda bisa melakukan kontrol dengan memantau komentar dan umpan balik dari orang lain di akun anda.

Anda bisa menggunakan jasa sosial media manajemen untuk meningkatkan bisnis Anda melalui sosial media.

Back To Top