Peran User Generated Content bagi Brand dan Produk - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Peran User Generated Content bagi Brand dan Produk

User Generated Content

User Generated Content – kepanjangan dari User Generated Content adalah salah satu cara dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mendorong angka pembelian konsumen.

Mari kita telusuri pengertian UGC dan perannya dalam pemasaran Brand.

Pengertian UGC serta Perannya bagi Brand

User Generated Content (UGC) adalah salah satu jenis konten berupa teks, gambar atau video mengenai sebuah brand atau produk yang dibuat dan di-share oleh pengguna atau konsumen di media sosial atau platform lain.

Konten dapat berupa podcast, review, blog, komentar ataupun unggahan di media sosial lain. UGC bersifat gratis, tidak dipungut biaya dan bergantung pada pengguna yang mempromosikan kontennya. 

Beberapa hal yang membuat UGC mempunyai peran yang cukup penting dalam strategi pemasaran sebuah brand adalah:

Bersifat autentik, yang dapat mendorong pembelian

UGC dianggap autentik dan jujur karena dibagikan oleh pengguna yang bukan dari kalangan brand. Karena itu, pelanggan lebih mempercayai UGC daripada konten dari brand tersebut.

Terbukti dari survei yang yang menyebutkan bahwa 85% konsumen mempercayai UGC dibandingkan konten brand. Dalam melakukan pembelian produk, konsumen cenderung mempercayai saran dari sesama pembeli, sehingga hal ini membuat UGC mempunyai peran penting bagi brand.

Pelaku e-commerce dapat meningkatkan pembelian hingga 4,6% dengan UGC.

 Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

UGC dapat mendorong pelanggan untuk terus membahas brand serta menawarkan feedback. Hal tersebut dapat meningkatkan produk tersebut dengan terlibatnya pelanggan. 

Selain itu, UGC yang bersifat autentik itu dapat meningkatkan loyalitas serta kepercayaan pembeli terhadap brand. Tidak mustahil bila kita dapat menciptakan brand community yang bermanfaat bagi strategi pemasaran di kemudian hari.

Mengetahui Sudut Pandang Pelanggan terhadap Brand

Brand dapat mengumpulkan insight pelanggan dengan menganalisa UGC. Hal tersebut bermanfaat ketika merancang strategi pemasarannya tepat dan dapat membantu menghasilkan lead dan penjualan. 

Baca Juga : Ketahui Kategori dalam Digital Marketing

Menunjang Strategi SEO

Brand mendapat backlink  dari konten yang dipublikasi pengguna di blog. Survei menginfokan bahwa 20 merk terbesar di dunia, sekitar 25% dari hasil pencarian mereka adalah tautan ke konten yang dibuat oleh pengguna.

Ulasan positif dari pelanggan dapat meningkatkan rank SEO dan meningkatkan traffic organic yang masuk ke website.  

Meningkatkan jangkauan serta pertumbuhan social media

Salah satu strategi yang bagus untuk meningkatkan followers, reach, traffic, brand awareness situs brand seperti like, share, comment bahkan retweet juga yaitu menjalankan kampanye UGC di social media.

Hemat uang serta waktu

UGC juga hemat biaya dan waktu untuk pemasaran sebuah brand karena secara tidak langsung, pelanggan membantu untuk memasarkan brand tersebut. Selain itu, UGC juga membuat kita mempunyai sumber konten yang berkualitas serta beragam.

Back To Top