Perbandingan Strategi Digital Marketing B2B dan B2C – Digital marketing merupakan bagian penting dalam berbagai bisnis pada saat ini.
Saat banyak bisnis besar yang memilih untuk tetap mempertahankan strategi marketing tradisional.
Tapi dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat kini menjadikan penerapan digital marketing menjadi lebih efektif.
Digital marketing juga dapat diterapkan dalam model bisnis B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer).
Dalam strategi bisnis yang diterapkan, sudah terlihat bahwa B2B dan B2C mempunyai perbedaan.
Jika B2B berfokus pada transaksi bisnis antara perusahaan dengan perusahaan, maka berbeda dengan B2C.
B2C berfokus terhadap transaksi bisnis antara perusahaan dengan pelanggan secara langsung.
Dapat dikatakan, B2C lebih dekat dengan kehidupan masyarakat luas, daripada strategi 2B.
Perbandingan Strategi Digital Marketing B2B dan B2C
B2B
Digital marketing B2B berfokus untuk menarik perhatian berbagai perusahaan yang memerlukan produk atau jasa Anda.
Oleh karena itu, dibutuhkan website yang isinya informasi penting dan menunjang bisnis.
Dengan memanfaatkan SEO untuk mengoptimasi website dan konten, dan memaksimalkan sosial media.
Terutama bagi website, pastinya harus dibuat sebaik mungkin dengan optimasi SEO yang tepat.
Dengan proses optimasi yang dilakukan, maka kesadaran merk dan penjualan bisa meningkat dengan sendirinya.
Seperti yang telah dijelaskan, bahwa website perusahaan B2B harus bisa dijalankan secara rutin.
Perusahaan yang memerlukan bisnis Anda dapat melihat hal tersebut sebagai bentuk ketidakseriusan dalam bisnis.
Agar bisa memaksimalkan website, maka anda juga membutuhkan bantuan konten.
Konten yang dibuat harus mempunyai nilai SEO supaya bisa meningkatkan jumlah trafik pada website.
Terakhir, yaitu mencoba membuat sosial media yang dimiliki diisi oleh postingan yang serius dan memperlihatkan bahwa perusahaan Anda bisa menjadi tempat perusahaan lain untuk melakukan pembelian prosuk atau jasa.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa digital marketing B2B harus bisa memperlihatkan profesionalitas yang lebih besar dan serius.
BACA JUGA : Perbedaan Jenis Bisnis B2B dan B2C
B2C
Untuk digital marketing B2C ini, memang berfokus untuk menarik perhatian pelanggan yang lebih santai dan dapat dilakukan dengan berbagai strategi.
Sebenarnya untuk strategi digital marketing ini, hampir sama dengan B2B.
Menggunakan website, mengoptimasi konten dengan SEO, dan menggunakan sosial media.
Tapi ada satu jenis strategi yang dapat dijalankan yaitu memberi promo secara terang-terangan dalam sebuah website atau sosial media.