Perbedaan Content Marketing dan Social Media marketing – Kedua hal ini tidak asing pada saat ini, tapi apa kamu tahu perbedaan content marketing dan social media marketing?
Pengertian Kedua Profesi:
Content Marketing
Content marketing adalah kegiatan membuat konten yang menarik yang bertujuan untuk menarik perhatian calon konsumen yang baru dan juga mempertahankan konsumen yang lama supaya bisnis tetap untung. Fungsi dari content marketing yaitu untuk melakukan promosi produk yang tujuannya untuk meningkatkan kesadaran merek dan juga membangun pengalaman konsumen.
Social Media Marketing
Social media marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang menggunakan platform media sosial. strategi pemasaran yang satu ini begitu efektif pada masa ini yaitu era digital yang semua orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain media sosial. Bukan hanya praktis, strategi pemasaran social media marketing dapat menjangkau banyak calon konsumen dan secara langsung dapat berkomunikasi.
Perbedaan Content Marketing dan Social Media Marketing
1. Fokus aktivitas
Aktivitas content marketing ada di website official sebuah perusahaan ataupun juga dapat lebih spesifik dalam website dari suatu produknya. Content marketing yang diciptakan salah satunya blog yang akan diunggah dalam website perusahaan dan juga produknya.
Sementara dalam social media marketing hanya fokus ke aktivitas yang dijalankan di media sosial tersebut. Jadi Ketika ada konten maka akan secara langsung dibagikan ke berbagai sosial media yang dimiliki oleh perusahaan maupun produk. Dimulai dari Instagram, Facebook, dan Twitter.
2. Jenis konten
Pasti pada umumnya content marketing kontennya berisi atau bercerita tentang produk atau brand yang disediakan. Bentuk konten tersebut juga dapat dibuat dengan ber-macam- macam seperti blog, video, infografis, dan podcast.
Baca Juga : Inilah Tujuan, Istilah dan Content Digital Marketing
Tapi untuk konten social media marketing biasanya lebih sederhana karena di unggah dalam media sosial. Konten yang dibuat juga harus sesuai dengan platform media sosial yang digunakan.
3. Tujuan pemasarannya
Tujuan pemasaran content marketing adalah untuk menarik perhatian pengunjung supaya menjelajahi website perusahaan maupun produk. Jadi konten yang dibuat dapat bercerita tentang produk. Bahkan juga untuk meningkatkan kepercayaan para calon konsumen, biasanya akan dibuat juga konten isinya mengajak.
Sedangkan tujuan pemasaran dari social media marketing biasanya dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek dari sebuah produk dan juga perusahaan.