Perbedaan Slogan dan Tagline yang Harus Diketahui - maxx99 - Digital Agency
BisnisBranding

Perbedaan Slogan dan Tagline yang Harus Diketahui

Perbedaan Slogan dan Tagline yang Harus Diketahui

Perbedaan Slogan dan Tagline yang Harus Diketahui – Tagline dan slogan merupakan sebuah komponen penting dan jangan sampai dilewatkan untuk membangun sebuah perusahaan.

Hal ini karena dengan mempunyai tagline dan slogan yang menarik dan pastinya brand akan lebih mudah untuk dikenal oleh audiens untuk meningkatkan brand awareness.

Menurut Forbes cukup banyak audiens yang lebih hafal tagline yang menarik dibandingkan dengan nama perusahaan itu sendiri.

Untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja perbedaan dari slogan dan tagline supaya Anda bisa lebih memahaminya lebih dalam sebelum membuatnya.

Perbedaan Slogan dan Tagline yang Harus Diketahui

Dilansir dari Chron, slogan merupakan sebuah kalimat yang singkat dan berfungsi sebagai representasi dari sebuah produk atau perusahaan.

Inilah beberapa ciri dari slogan yang harus diketahui:

  • Biasanya slogan hanya dibuat untuk sementara dan tidak long lasting. Kata-katanya juga lebih fleksibel.
  • Slogan digunakan pada kampanye periklanan dan biasanya akan berubah sesuai dengan campaign yang bsedang berjalan.
  • Penggunaan hal ini biasanya hanya untuk satu produk saja atau hanya untuk kampanye tertentu.

The Balance SMB mengartikan tagline sebagai deskripsi singkat untuk memberitahukan value proposition dari brand.

Inilah beberapa karakteristiknya yang harus Anda ketahui:

  • Dibuat untuk menggambarkan produk atau brand itu sendiri dan tidak bisa diubah karena akan terus digunakan selama brand tersebut ada.
  • Tagline memperlihatkan nilai sebuah brand yang ingin Anda sampaikan pada audiens.
  • Biasanya hal ini akan menempel dengan logo brand.

Apabila Anda ingin membuatnya, sebaiknya Anda pahami dulu apa pesan khusus yang akan disampaikan brand pada para audiensnya.

Cukup sulit untuk membuat kalimat singkat yang berisi pesan mendalam. Apalagi kata yang digunakan harus yang catchy dan mudah untuk diingat.

BACA JUGA : Unsur-unsur Branding yang Harus Diketahui

Contohnya

Just Do It – Nike

Brand sportwear ini sudah mulai mengembangkan bisnisnya sejak tahun 1972, perusahaan ini mempunyai tagline yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Nike mempunyai tagline yang berbunyi Just Do it atau yang bisa Anda artikan sebagai Lakuin aja lah!

Bukan hanya mudah untuk diingat, tagline dari brand ini mempunyai pesan untuk memotivasi orang yang sedang ragu untuk mengambil sebuah keputusan.

Reputasi simpel dari brand Nike ini juga terlihat dari logonya yang hanya berbentuk simbol tanda centang atau checklist.

Back To Top