PPC Atau SEO, Mana yang Lebih Baik ? - maxx99 - Digital Agency
SEMSEO

PPC Atau SEO, Mana yang Lebih Baik ?

PPC atau SEO

PPC atau SEO – Strategi marketing dengan memanfaatkan Pay Per Click (PPC) maupun Search Engine Optimization (SEO) untuk promosi bisnis saat ini menjadi yang paling banyak digunakan marketer. Hal tersebut karena semakin meningkat pengunjung website, maka akan berhasil juga kegiatan bisnis yang dilakukan. Maka dari itu, Anda harus mulai menerapkan strategi digital marketing PCC dan SEO ini dengan tepat bagi bisnis Anda. Padahal sebenarnya, kedua strategi tersebut mempunyai tujuan yang sama untuk meningkatkan pengunjung dan mengubah konsumen.

Jadi, strategi mana yang paling sesuai bagi bisnis Anda?

Apa Itu PPC dan SEO?

PPC (Pay Per Click) merupakan strategi marketing yang nantinya penayang iklan harus mengeluarkan biaya untuk iklan yang diklik target audiens. Cara kerja PPC dapat dilihat dari pembelian kunjungan pada website Anda dan bukan meningkatkan pengunjung website yang organik.

Baca Juga : SEO dan SEM dalam Search Marketing

Sementara SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi marketing supaya membantu keyword website yang di buat agar berada di posisi pertama dalam hasil penelusuran Google. Optimasi ini membantu website bisnis yang di jalankan bisa mencakup lebih banyak audiens, seperti calon konsumen baru supaya Anda bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan PPC

1. Kelebihan PPC :
  • Iklan PPC akan terlihat oleh audiens karena tampil paling atas dalam ranking organik.
  • Memperoleh hasil dengan lebih cepat.
  • Mempermudah dalam penentuan target audiens.
2. Kekurangan PPC :
  • Harga yang relatif mahal.
  • Keuntungan yang lebih rendah.
  • Iklan PPC biasanya lebih mudah basi dalam beberapa waktu.

Kelebihan dan Kekurangan SEO

1. Kelebihan SEO
  • Harganya lebih murah.
  • Tidak mudah basi.
  • Meningkatkan kesadaran merk.
2. Kekurangan SEO
  • Memerlukan waktu cukup lama untuk melihat hasilnya.
  • Proses yang berlanjut sehingga harus mengoptimasi secara rutin.
  •  Algoritma search engine sering berubah.
PPC atau SEO?

Manfaatkan PPC apabila:
  • Anda ingin memperoleh hasil dengan cepat.
  • Pertama kali membuat sebuah produk.
  • Melakukan promosi produk yang waktunya terbatas, seperti penawaran akhir tahun
  •  Ingin mengarahkan audiens pada sebuah halaman website tertentu.
Manfaatkan SEO jika :
  • Anda tidak mepunyai anggaran besar untuk melakukan pemasaran.
  • Ingin membuat brand supaya lebih dikenal.
  • Mengoptimalkan ROI dalam jangka panjang.
  • Ingin menciptakan konten yang bisa menjangkau audiens dalam proses penjualan.


Back To Top