Prediksi Tren Sosial Media – Sosial media merupakan platform yang sangat penting untuk sebuah bisnis agar bisa menarik perhatian audiens. Anda harus bisa menyesuaikan dengan tren baru dalam social media. Kemudian, apa saja prediksi tren social media pada tahun 2023? Yuk simak!
SEO akan Menggantikan Hashtag
Menurut riset dari Google, kebanyakan pengguna saat ini menggunakan media sosial sebagai search engine yang utama. Selanjutnya, caption yang dibuat sesuai denga keyword bisa meningkatkan reach hingga 30% dibandingkan hashtag. Artinya, jika Anda ingin memahami social media maka harus bisa untuk menggunakan strategi keyword dalam setiap konten.
Video Pendek Masih Diutamakan
Kepopuleran Instagram Reels dan TikTok mungkin akan terus meningkat pada tahun 2023. Video pendek bisa memberikan informasi, membuat audiens melakukan tindakan, menciptakan tren, dan juga menghibur. Maka dari itu, sebuah merk harus bisa untuk mengoptimalkan konten video pendeknya dengan konten yang sedang tren dan lagu yang paling sering tampil.
Menggabungkan UGC dan IGC
UGC (User Generated Content) adalah berbagai bentuk konten baik itu tulisan, video, foto, ulasan, dan lain-lain yang dibuat oleh pelanggan dan juga pengikut anda. Sementara IGC (Influencer Generated Center) adalah bentuk konten baik itu tulisan, video, foto, ulasan, dan lain-lain yang dibuat oleh seorang influencer.
Personalisasi Semakin Meningkat
Personalisasi adalah sebauh hal yang bisa diterapkan oleh sebuah merk dalam iklan social media mereka. Saat ini, platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook semakin berkembang dan sebuah merk bisa menentukan target yang spesifik pada audiens yang akan dijangkau.
Alogaritma media sosial juga bisa membantu para audiens untuk memperoleh saran konten dan produk yang sesuai denga napa yang dicari. Semakin tinggi personalisasi yang dilakukan dalam social media, maka akan semakin banyak juga pengguna yang menggunakannya menjadi media untuk mencari produk atau jasa yang dibutuhkan.
Komunitas Sosial Media Meningkat
Saat ini, social media bisa menjadi media untuk audiens dengan keinginan yang sama untuk membangun sebuah komunitas dan berbagi rekomendasi mengenai sebuah produk. Jadi, apabila Anda bisa mengetahui adanya komunitas seperti itu, maka bisa lebih mudah namun bukan untuk melakukan tindakan yang lebih depan dan membuat komunitas tersebut untuk menyebarkan awareness dengan lebih cepat.