Rumus Menghitung Rate Instagram Untuk Campaign - maxx99 - Digital Agency
Digital MarketingSocial Media

Rumus Menghitung Rate Instagram Untuk Campaign

Apakah Anda tahu cara mengukur atau menghitung tingkat keterlibatan Instagram? Meskipun Instagram sudah banyak digunakan, namun masih banyak orang yang belum memahami cara menghitung engagement rate (ER). Padahal, penting untuk mengetahui ER Instagram, terutama untuk penggunaan Instagram sebagai media promosi. Hal ini karena terkait dengan pengetahuan tentang kinerja konten yang telah diposting di Instagram.

Melalui perhitungan ER, Anda dapat mengetahui bagaimana pengikut berinteraksi dengan konten Anda. Semakin tinggi nilai ER maka dapat dikatakan semakin efektif dan baik interaksi kampanye media sosial yang Anda selenggarakan.

Cara Mudah Menghitung Tingkat Keterlibatan Instagram

Suka dan pengikut memberi dampak besar pada konten yang Anda posting. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui angka pastinya agar dapat melakukan perhitungan dengan baik. Namun, melakukan perhitungan secara manual tentu tidak memungkinkan. Apalagi jika jumlah followersnya sudah ratusan ribu bahkan jutaan. Ini jelas akan menjadi kegiatan yang memakan waktu.

Agar perhitungannya lebih mudah dan praktis, ada cara tersendiri untuk menghitung engagement rate Instagram. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan bagi Anda pemilik merek yang membutuhkan formula atau tolak ukur untuk mengukur keberhasilan sebuah kampanye, sekaligus mengetahui apakah brand awareness yang telah dibangun sudah berhasil?

Manfaat lainnya, Anda bisa mendapatkan feedback dalam rangka pengembangan strategi selanjutnya. Jadi, apakah Anda siap untuk menghitung tingkat keterlibatan Instagram? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nilai ER bisnis Instagram Anda.

Menghitung ER Berdasarkan Jangkauan

Definisi jangkauan adalah audiens atau pengguna unik yang melihat konten Anda. Biasanya postingan di Instagram tidak selalu dilihat oleh followers saja, tetapi juga bisa dilihat oleh pengguna Instagram lain yang tidak mengikuti akun Anda, asalkan akun Anda disetel ke publik. Dengan kata lain, perhitungan ER Instagram jelas, tidak hanya menghitung jumlah views dari followers, tetapi juga view yang dibuat oleh non-followers.

Rumus yang digunakan untuk melakukan perhitungan adalah ER = total engagement per post/reach per post X 100.

Nilai jangkauan akan terus berubah karena dipengaruhi oleh nomor ER di pos. Dengan menggunakan rumus ini, Anda dapat mengetahui berapa banyak non-pengikut yang melihat konten.

Menghitung Pos ER

Tingkat keterlibatan Instagram juga dapat dihitung berdasarkan posting. Cara ini bisa dilakukan, jika akun Instagram Anda memiliki jumlah post reach yang fluktuatif dan tidak stabil. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu memeriksa nomor jangkauan postingan di Instagram Insights.

Jika jumlahnya memang fluktuatif, maka Anda bisa menggunakan metode perhitungan postingan ER dengan rumus : ER = total engagement pada postingan / total followers X 100.

Jika menggunakan rumus ini akan menghasilkan angka ER yang lebih stabil. Hanya saja, perlu diingat bahwa formula ini tidak bisa digunakan pada postingan viral yang memiliki jangkauan tinggi. Pasalnya, perhitungan yang dilakukan tidak akan mempengaruhi nomor ER.

Menghitung Tayangan ER

Seberapa banyak konten yang Anda buat muncul di layar, bisa dilihat langsung melalui Instagram Insights dan disebut impresi. Berdasarkan tayangan, Anda juga dapat menghitung ER.

Rumus yang digunakan adalah ER = total engagement pada postingan / total impression X 100. Sifat jumlah impression sama dengan reach yang sering berubah-ubah.

Menghitung Tampilan ER

Sesuai dengan namanya, perhitungan ER Instagram ini terutama berguna untuk konten video untuk promosi di Instagram. Ada yang perlu diperhatikan, yaitu view dan unique view adalah dua hal yang berbeda.

Jika ada 500 data view, maka 500 user belum tentu ditonton. Bisa jadi hanya 250 pengguna (tampilan unik) yang menonton berkali-kali. Cara menghitungnya menggunakan rumus ER = total engagement pada postingan video / total penayangan video X 100.

Menghitung ER Harian

Terakhir adalah cara menghitung jumlah ER setiap hari. Namun, cara ini tidak dapat digunakan untuk membedakan mana pengikut yang melihat postingan secara berulang, dan mana yang merupakan pengguna baru. Akibatnya, hasilnya bisa dikatakan kurang akurat. Namun tidak masalah jika ingin mengetahui datanya secara kasar terlebih dahulu.

Baca juga : https://suakaraya.com/teknik-pengolahan-data-untuk-proses-data-analysis-bisnis/

Cara menghitungnya adalah dengan rumus, ER = total engagement dalam sehari / total followers X 100.

Sekarang Anda tahu cara menghitung tingkat keterlibatan Instagram. Saatnya berlatih langsung dari data yang sudah didapatkan.

Kebutuhan untuk menghitung engagement Instagram biasanya juga menjadi tolak ukur dalam menentukan KPI saat menggelar social media campaign. Terutama, jika Anda bekerja dengan influencer. Jadi untuk mempermudah, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Suakaraya yang sudah berpengalaman mengelola media sosial milik brand, menyelenggarakan campaign, menjadi penghubung antara brand dan influencer, dan lain sebagainya.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami
Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top