SEO dan SEM, Mana yang Lebih Efektif – Strategi ini tujuannya untuk menarik perhatian audiens dan mengarahkan mereka pada webstite anda.
Strategi search optimization dibagi menjadi dua, yaitu SEO dan SEM.
Kedua strategi ini mempunyai kesamaan dan perbedaan yang perlu diketahui oleh para marketers.
Persamaan Keduanya:
1. Membantu Brand Tampil dalam Hasil Pencarian
Ketika kata kunci yang berkaitan dengan industri, bisnis pada sebuah brand diketikan dalam kolom pencarian, diharapkan website bisnis akan tampil.
2. Dimanfaatkan Untuk Meningkatkan Traffic yang Mengarah Pada Website
Kedua strategi ini bertujuan untuk mendapatkan online visiblity pada hasil pencarian melalui mesin pencari.
Traffic hadir ketika audiens masuk pada website brand yang mereka temukan dalam hasil pencarian.
3. Membutuhkan Pemahaman Kepada Audiens
Gunakan buyer persona dan segmentasi psikografis untuk mengetahui kebutuhan para audiens.
4. Berbasis pada Riset Keyword
Ketika pengguna menggunakan keyword tertentu pada brand, maka search engine akan mengarahkan pada website yang sesuai dengan kata kunci tersebut.
Perbedaan SEO dan SEM
1. Penempatan dalam Hasil Pencarian
SEM merupakan strategi berbayar akan dianggap sebagai iklan.
Sementara hasil pencarian menggunakan strategi SEO tampil sebagai hasil pencarian organik.
2. Tampilan dalam Hasil Pencarian
Hasil pencarian SEM mencakup komponen ekstensi iklan, yaitu links, nomor telepon, dan lain-lain.
3. Anggaran
SEM memerlukan anggaran karena menggunakan sistem PPC (Pay per Click).
Setiap pengguna meng-click website brand yang tampil dalam SERP, maka anda akan dikenakan biaya.
Sebaliknya, SEO tidak memerlukan anggaran karena hasil pencariannya bersifat organik.
4. Target Audiens
Dengan SEM Anda bisa menentukan target audiens yang akan dijangkau, dengan pengaturan dan filter tertentu.
Sebaliknya, Anda tidak bisa menentukan siapa yang melihat website brand dalam mesin pencari dengan strategi SEO.
5. Proses dan Hasil
Ketika Anda mulai membuat kampanye brand dengan SEM, iklan akan langsung tampil dihasil pencarian.
Sebaliknya, SEO memerlukan waktu cukup lama supaya brand bisa mendapatkan ranking yang tinggi dimesin pencari.
BACA JUGA : Mengenali SEO dan SEM Bagi Pemula Digital Marketing
SEO dan SEM, Mana yang Lebih Efektif?
Kedua strategi search marketing ini sebenarnya saling melengkapi.
SEO membantu Anda untuk menguatkan kehadiran brand secara online dalam mesin pencari.
Sedangkan, SEM membantu website Anda tampil dengan kata kunci yang tingkat pencariannya tinggi.