Simak! Ini Pentingnya Influencer Marketing Untuk Bisnis Anda - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Simak! Ini Pentingnya Influencer Marketing Untuk Bisnis Anda

Influencer Marketing – Melesatnya jumlah pengguna sosial media secara signifikan menjadikan influencer marketing naik daun. Meskipun influencer marketing sudah ada sejak lama, namun strategi ini kian meningkat kepopularitasannya.

Di zaman yang serba digital ini Anda dituntut untuk berbisnis secara online demi mengikuti perkembangan zaman dan bersaing dengan pebisnis lainnya. Influencer marketing menjadi salah satu ide yang bagus, karena influencer yang memiliki banyak pengikut di sosial media, dan influencer juga dapat mempengaruhi pengikutnya agar membeli produk atau jasa yang digunakan oleh influencer tersebut terutama mereka yang sudah menjadi fansnya.

Apa Itu Influencer Marketing?

Influencer marketing merupakan sebuah metode pemasaran yang mengandalkan influencer untuk sebuah brand. Influencer itu sendiri merupakan seseorang yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat atau komunitas tertentu.

Orang-orang yang dianggap sebagai influencer biasanya memiliki pengikut mencapai ratusan ribu baik di Instagram, YouTube, Facebook, Twitter dan masih banyak yang lainnya. Karena kelebihannya itu mereka dapat mempengaruhi orang lain dan menjadi trendsetter baik di masyarakat maupun komunitas. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang memanfaatkan menggunakan influencer sebagai peluang bisnis yang sangat bagus untuk meningkatkan nilai dan target dari brand.

Influencer marketing termasuk dalam kategori native ads, yaitu konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk, fungsi, dan kualitas yang tidak kalah bagus dengan konten organik yang dibuat oleh media promosi lainnya.

Keuntungan Menggunakan Influencer Marketing

1. Memperluas pasar

Mengajak kerja sama dengan endorsement kepada influencer tentunya dapat memperluas pasar Anda. Karena influencer memiliki pengikut aktif seperti halnya memberi like, comment, dan share pada konten di akun influencer tersebut. Dengan adanya aktifitas seperti itulah produk brand Anda akan terlihat, terbaca, dan tertonton oleh pengikut influencer tersebut yang berdampak baik bagi bisnis Anda dapat dikenal banyak orang.

2. Mendapat kepercayaan konsumen

Pada dasarnya memang influencer memiliki pengaruh yang kuat di masyarakat dan komunitas, tidak heran jika influencer merekomendasikan suatu produk dan dapat kepercayaan dari konsumen.

Baca Juga : Trik Menggunakan Google Trends untuk Riset Pasar Bisnis Anda
3. Menghasilkan word of mouth

Ketika seseorang mempromosikan, menginformasikan, dan merekomendasikan suatu produk, dan jasa melalui akun sosial media milik pribadinya, inilah yang disebut word of mouth. Word of mouth terbukti lebih efektif, apalagi jika informasi tersebut bersumber dari seseoarang yang telah memakai produk atau jasa Anda secara langung.

4. Memberikan peluang balik modal

Menjalankan influencer marketing tentunya tidaklah gratis dan memerlukan budget. Sesuai dengan budget Anda, Anda dapat memilih untuk bekerjasama dengan influencer nano, mikro, ataupun makro. Influencer marketing menjadi sebuah investasi tersendiri bagi brands dan berpeluang untuk balik modal secara cepat dari budget yang sebelumnya telah dihabiskan. Influencer marketing yang berhasil akan memberikan keuntungan bagi brands, juga meningkatkan performa bisnis.

Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top