Social Commerce, Cara Baru untuk Meningkatkan Penjualan
Digital MarketingMarketing

Social Commerce, Cara Baru untuk Meningkatkan Penjualan

Social Commerce

Social Commerce, Cara Baru untuk Meningkatkan Penjualan – Sosial commerce merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan melalui platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, atau Line. 

Perkembangan pengguna sosial media di Indonesia saat ini terus meningkat setiap tahunnya.

Menurut data We Are Social, jumlah pengguna sosial media di Indonesia telah mencapai 160 juta, meningkat 8,1 persen daripada tahun sebelumnya.

Awalnya, sosial media hanya digunakan untuk melakukan interaksi secara online.

Tapi seiring berkembangnya waktu, sosial media bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, tapi juga untuk memasarkan produk.

Social Commerce, Cara Baru untuk Meningkatkan Penjualan

Salah satu alasan mengapa bisnis menggunakan sosial media yaitu karena bisa membantu menjalin interaksi yang lebih personal dengan pelanggan.

Dengan melakukan interaksi secara langsung, anda bisa membangun kepercayaan konsumen sehingga mereka akan yakin untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Selain itu, sosial media sosial juga bisa digunakan untuk membangun brand awareness dan menjangkau target pasar yang lebih luas.

Bahkan, pelanggan akan mempunyai banyak pilihan untuk melihat katalog produk dan melakukan transaksi. 

Pelanggan saat ini mungkin sering membagikan pengalaman berbelanja mereka dalam sosial media.

Dengan memasarkan produk dalam sosial media, anda bisa meningkatkan jumlah percakapan tentang produk yang dipasarkan sehingga brand akan semakin terkenal.

BACA JUGA : Pengaruh dari Penggunaan Sosial Media pada Bisnis Anda

Cara Meningkatkan Penjualan dalam Sosial Media

1. Mengenal Target Audiens

Anda bisa menganalisis pengikut sosial media bisnis anda dan mencari tahu informasi tentang mereka.

Dimulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan hal-lain.

Dengan begitu, anda akan lebih mudah untuk menentukan produk apa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Semakin spesifik produk dengan target audiens, maka akan semakin besar juga peluang anda untuk meningkatkan penjualan.

2. Membuat Konten yang Menarik

Anda harus membuat konten yang menarik mengenai produk dan menarik perhatian audiens untuk membeli produk tersebut.

Anda bisa membagikan konten berbentuk foto produk atau video dengan menambahkan informasi bermanfaat untuk mereka.

Usahakan membuat konten yang konsisten agar tampilan akun bisnis anda dalam sosial media lebih menarik.

3. Berinteraksi dengan Audiens

Karena anda menggunakan sosial media untuk berjualan, maka anda harus aktif dan terlibat dengan pengguna yang lain.

 Mungkin saja, salah satu pengguna tersebut merupakan calon pembeli produk.

Back To Top