Strategi Affiliate Marketing untuk Meningkatkan Penjualan – Apakah Anda pernah melihat orang di sosial media yang mempromosikan produk? Mereka sedang menjalankan strategi affiliate marketing.
Bisnis Anda dapat menerapkan strategi pemasaran ini karena memiliki banyak keunggulannya.
Bagaimana cara affiliate marketing agar bisnis Anda mendatangkan banyak pembeli?
Pengertian
Affiliate marketing termasuk kedalam salah satu strategi digital marketing.
Strategi ini adalah langkah pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan jasa afiliasi.
Anda bisa berkolaborasi dengan afiliator untuk melakukan promosi produk melalui berbagai media, salah satunya sosial media.
Afiliator akan memperoleh komisi dari hasil promosi tersebut sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati.
Biasanya, afiliator akan dibayar jika ada penjualan yang masuk ke dalam tautan afiliasi yang sudah dibuat.
Komisi tersebut dapat berupa uang atau barang dari hasil penjualan tersebut.
Terdapat tiga pihak yang terlibat dalam affiliate marketing, yaitu bisnis, afiliator, dan pelanggan.
Bisnis mempunyai peran untuk menyediakan produk atau jasa untuk dipromosikan.
Afiliator bertugas untuk mempromosikan produk tersebut melalui media dan memasang tautan afiliasi.
BACA JUGA : Apa Itu Affiliate Marketing?
Strategi Affiliate Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
1. Menentukan Tujuan
Tujuan bisa berupa segmentasi pelanggan dan jenis afiliasi yang digunakan untuk melakukan promosi produk atau jasa.
Buat tujuan secara terukur dan sistematis, seperti target penghasilan dan angka penjualan dari affiliate marketing.
2. Mencari Afiliator yang Tepat
Hal penting yang perlu dilakukan untuk memilih afiliator yaitu kesesuaian antara produk Anda dan platform afiliator.
Cek profil sosial media mereka untuk mengetahui jenis audiensnya.
3. Membangun Product Knowledge
Product knowledge harus dikuasai oleh afiliator agar mereka bisa menguasai produk atau jasa yang akan dipromosikan.
Berikan informasi yang mendalam, seperti manfaat dan keuntungan produk Anda pada afiliator.
Anda dapat menyuruh afiliator untuk mencoba produk dahulu agar mereka bisa memberi review produk berdasarkan pengalamannya.
4. Melacak Hasilnya Terus Menerus
Anda harus tetap berkomunikasi dengan afiliator setelah memasarkan produknya.
Minta insight mengenai angka konversi atau penjualan yang masuk ke dalam tautan afiliasi.
Insight ini digunakan sebagai bahan evaluasi ketika menggunakan strategi affiliate marketing di masa depan.
Ada strategi marketing lain yang bisa Anda terapkan, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency dari MAXX99 digital, yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda.
Tunggu apalagi? Konsultasi sekarang!