Strategi Affiliate Marketing untuk Meningkatkan Penjualan - maxx99 - Digital Agency
Digital MarketingMarketing

Strategi Affiliate Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Affiliate Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Affiliate Marketing untuk Meningkatkan Penjualan – Apakah Anda pernah melihat orang yang melakukan promosi produk dalam sosial media?

Nah, mereka sedang melakukan strategi affiliate marketing.

Anda juga bisa menerapkan strategi pemasaran ini karena banyak manfaat yang diberikannya.

Strategi Affiliate Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

1. Menentukan Tujuan Pemasaran

Tujuan yang ditentukan bisa berbentuk segmentasi pelanggan dan jenis afiliasi yang digunakan untuk melakukan promosi produk.

Anda harus membuat tujuan yang terukur dan sistematis, seperti target penghasilan dan tingkat konversi penjualan dari affiliate marketing.

2. Mencari Afiliator yang Tepat

Hal penting yang perlu dilakukan dalam hal ini yaitu kesesuaian produk Anda dengan platform afiliator.

Cek profil sosial media mereka untuk mengetahui target audiensnya.

3. Membangun Product Knowledge

Product knowledge harus dikuasai oleh afiliator agar mereka menguasai produk atau jasa yang akan dipromosikan.

Berikan informasi dengan jelas, khususnya manfaat dan keuntungan produk Anda pada afiliator.

4. Terus Melacak Hasilnya

Anda harus tetap berkomunikasi dengan afiliator setelah mempromosikan produknya.

Insight ini berfungsi sebagai bahan evaluasi ketika menggunakan strategi affiliate marketing di masa depan.

BACA JUGA : Apa Itu Affiliate Marketing?

Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan

1. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Bisnis bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas untuk mempromosikan produk.

Alasannya, afiliator pasti mempunyai banyak pengikut dalam sosial media yang berasal dari berbagai lokasi.

2. Mudah untuk Dilacak

Hal ini termasuk strategi digital marketing sehingga hasilnya mudah untuk dilacak.

Anda bisa mendapatkan insight tentang hasil pemasaran yang sudah dilakukan secara terukur.

3. Lebih Fleksibel

Strategi markerting ini dapat dilakukan tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Anda tidak harus bertemu langsung dengan afiliator untuk membahas hal ini, cukup melakukan meeting secara online dan membahas product knowledge.

Kekurangan

1. Biaya Cukup Tinggi

Anda bisa bernegosiasi dengan afiliator tentang komisi yang ditentukan hingga ada kesepakatan antara dua belah pihak.

2. Miskomunikasi dengan Afiliator

Miskomunikasi bisa membuat afiliator memberikan pesan yang misleading mengenai produk Anda.

Anda bisa berkomunikasi dengan baik bersama afiliator agar mereka tidak keliru untuk mempromosikan produk Anda.

3. Bersaing dengan Bisnis Lain

Kemungkinan besar pesaing Anda juga menggunakan jasa afiliator yang sama jadi persaingan semakin ketat.

Oleh karena itu, tampilkan unique selling point (USP) agar konsumen semakin tertarik membeli produk Anda.

Back To Top