Strategi Branding bagi Bisnis Kecil – Branding bagi bisnis kecil sering dianggap tidak penting atau belum dibutuhkan.
Padahal supaya bisnis kecil dikenal dan dapat menjangkau pelanggan, Anda membutuhkan strategi branding yang tepat.
Membangun brand memang tidak mudah, apalagi bagi bisnis kecil yang masih terbatas biaya dan waktu.
Langkah untuk membangunnya yaitu membuat brand terlihat mengesankan dan menjaga konsistensi.
Strategi Branding bagi Bisnis Kecil
Menentukan Identitas Brand
Branding bukan hanya sekedar logo, tapi seperti apa perusahaan, nilai dan misi, cara Anda memperlakukan konsumen serta look and feel dari sisi visual Anda.
Gunakan Nama yang Mudah Untuk Diingat
Nama bisnis harus mudah untuk diingat, relevan dan berkesan sekaligus menyampaikan pesan dari brand.
Karena, Anda hanya memiliki waktu kurang dari 10 detik untuk memberikan kesan pertama pada calon pelanggan.
BACA JUGA : Kesalahan dalam Branding yang Harus Dihindari
Mengembangkan Identitas Visual
Manusia merupakan makhluk visual. Sehingga, Anda membutuhkan identitas visual dalam branding.
Mengoptimalkan Konten
Sebagai bisnis kecil, Anda mungkin tidak mempunyai budget iklan yang besar atau tidak memilikinya sama sekali.
Tapi, jangan khawatir, karena ada cara yang lebih baik, mudah dan terjangkau untuk melakukan promosi produk, yaitu content marketing.
Website dan Sosial Media
Website merupakan hal penting bagi bisnis.
Tapi, jika ingin yang lebih simpel, Anda bisa mempromosikan produk melalui media sosial untuk mendapatkan audiens yang relevan.
Gunakan platform yang paling banyak digunakan oleh target pelanggan.
Kemudian, pastikan branding bisnis Anda konsisten, yaitu dengan menggunakan logo untuk foto profil dan bahasa yang sesuai dengan gaya brand.
Promosi dan Kolaborasi
Jika Anda mempunyai anggaran untuk promosi berbayar, maka mulai dengan meneliti perilaku dan preferensi demografi target.
Membangun kepercayaan dalam brand baru memang membutuhkan waktu yang lama.
Anda bisa mempercepatnya melalui partnership dengan brand lain yang sudah digunakan target pelanggan.
Cari bisnis yang audiensnya sama tapi bukan kompetitor bisnis Anda.
Memberikan Pelayanan Terbaik
Supaya berhasil dalam jangka panjang, customer service harus menjadi prioritas.
Jika pelanggan mempunyai pengalaman positif ketika melakukan interaksi dengan brand-mu.
Mereka akan kembali dan ikut mempromosikan bisnis Anda pada teman mereka.
Itulah strategi branding bagi bisnis kecil yang harus Anda ketahui.
Tentu, tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu singkat, karena membutuhkan proses dan usaha.