Digital Marketing bagi Pemula – Penggunaan strategi digital marketing dengan tepat bisa meningkatkan keuntungan pada bisnis. Apalagi konsumen sekarang ini biasanya mencari informasi tentang sebuah produk dengan menggunakan media sosial.
Inilah beberapa strategi digital marketing yang bisa digunakan bagi bisnis pemula:
1. Menentukan Buyer Persona
Strategi digital marketing yang satu ini bisa sangat membantu untuk mengetahui pelanggan yang potensial untuk bisnis anda dan mencari cara agar bisa menjangkaunya.
2. Mentukan Tujuan Pemasaran
Jika anda menentukan tujuan pemasaran, maka nantinya ada akan bisa mengetahui strategi jenis apa yang akan diterapkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Baca Juga : Strategi Digital Marketing yang EfektifBagi Bisnis Anda
3. Membuat Content Marketing
Untuk membuat content marketing yang baik tentu tidak mudah. Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa bisnis yang sukses menggunakan content marketing bagi bisnis. Saat ini banyak bisnis yang melakukan investasi besar untuk menjalankan content marketing.
4. Menggunakan Sosial Media Marketing
Sosial media marketing fokus untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan bisnis. Dimana tersedia berbagai platform sosial media yang dbisa digunakan untuk mempromosikan bisnis. Anda harus menggunakan sosia media yang sesuai dengan platform yang biasa digunakan oleh audiens.
5. Menggunakan SEO
Search Engine Optimization (SEO) bisa digunakan untuk meningkatkan kunjungan pada website anda, tapi SEO juga mempunyai tantangan untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam search engine. Karena, SEO biasanya akan terjadi perubahan dalam menentukan peringkat dalam mesin pencari.
6. Menggunakan PPC (Pay-Per-Click)
PPC atau pay-per-click bisa diterapkan menjadi keyword yang akan digunakan untuk memasang iklan anda dalam mesin pencari disaat pengguna mencari keyword yang berkaitan.
Iklan tersebut biasanya akan tampil pada bagian atas hasil penelusuran. Apabila pengunjung mengklik iklan anda, maka anda akan dibayar untuk setiap klik dari pengunjung website dalam tautan iklan yang ada dalam website anda.
7. Melakukan Analisis kemudian Kembangkan
Tujuannya yaitu agar bisa mengetahui KPI marketing maupun tingkat untuk mencapai target audiens dalam pemasaran. Dengan begitu, anda harus bisa menentukan dan menggunakan tools untuk melakukan analisis dengan tepat untuk berbagai komponen, seperti platform media sosial, email, website dan lain-lain.
Strategi marketing ini bukan hanya mengenai berbagai strategi yang harus anda ketahui, tapi juga anda harus memperhatikan strategi marketing apa yang tepat untuk memasarkan produk bisnis anda.