Strategi Emotional Branding yang Efektif bagi Bisnis - maxx99 - Digital Agency
BrandingMarketing

Strategi Emotional Branding yang Efektif bagi Bisnis

Strategi Emotional Branding yang Efektif bagi Bisnis

Strategi Emotional Branding yang Efektif bagi Bisnis – Dengan emotional branding, konsumen akan merasa terkait dengan brand Anda.

Hubungan tersebut nantinya akan menimbulkan loyalitas dari konsumen.

Konsumen mungkin akan bersedia melakukan pembelian produk yang Anda pasarkan jika sudah mempunyai loyalitas yang tinggi.

Emotional branding merupakan hal yang bisa meningkatkan rasa percaya dari konsumen.

Dengan emotional branding yang baik, hal apa saja yang dilakukan dan produk yang Anda pasarkan akan selalu terlihat baik dimata mereka.

Tujuannya

1. Menjaga Hubungan

Emotional branding ini dianggap sangat efektif untuk menjaga hubungan berkelanjutan antara penjual dengan konsumen.

2. Menghadirkan Rasa Puas Konsumen

Percaya bahwa produk yang Anda buat dapat menjadi solusi dari setiap masalah konsumen akan memberikan rasa puas setiap mereka melakukan pembelian produk.

3. Menciptakan Loyalitas 

Terakhir, tentunya dari penjelasan sebelumnya dapat menciptakan loyalitas konsumen secara perlahan tapi pasti.

Keterkaitan dan kepuasan akan membuat konsumen kembali lagi pada Anda untuk melakukan pembelian ulang.

BACA JUGA : Apa Itu Emotional Branding?

Strategi Emotional Branding yang Efektif bagi Bisnis

1. Inspirasi

Hal ini dapat dilakukan dengan memperlihatkan sebuah prestasi yang dimiliki seseorang didalam sebuah iklan produk untuk menarik perhatian audiens.

Dengan strategi ini juga, konsumen dapat termotivasi menjadi seperti tokoh inspiratif yang terdapat dalam iklan tersebut.

2. Isu Sosial

Hal ini dapat dijadikan peluang bagi Anda untuk membangun brand yang peduli terhadap berbagai isu sosial yang ada.

Tapi, Anda harus mengutamakan empati. Tidak semua isu dapat Anda jadikan inspirasi untuk menciptakan branding, jadi Anda harus tetap selektif.

3. Cerita Hidup

Strategi ini sudah banyak diterapkan oleh para pebisnis dan cukup efektif.

Cerita hidup yang menarik mungkin dapat memperkuat hubungan antara Anda dengan konsumen.

Dari hal inilah loyalitas dapat tercipta. Brand Anda juga akan melekat dalam kehidupan sehari-hari mereka.

4. Aspirasi

Apabila brand Anda dinilai mewakili aspirasi mereka, maka konsumen akan melakukan pembelian pada produk Anda.

Terdapat berbagai macam aspirasi yang dapat mewakili konsumen, dimulai dari kecantikan, pendidikan, penampilan, kesejahteraan, dan lain-lain.

5. Isu Lokal

Mungkin konsumen akan merasa lebih dekat dengan brand Anda jika memuat isu lokal didalamnya, apalagi jika cerita yang diambil dari wilayah mereka.

Keterkaitan ini akan bisa sangat membantu untuk kesuksesan bisnis Anda.

Back To Top