Strategi Marketing Costumer Retention – Pebisnis biasanya lebih berfokus untuk mendatangkan pelanggan baru untuk mencapai target penjualan.
Sebenarnya, staretegi ini juga sangat penting. Mempertahankan konsumen supaya terus melakukan pembelian produk Anda tentu saja bukan hal yang mudah.
Dibutuhkan strategi untuk melakukan hal cara tersebut.
Strategi Marketing Customer Retention
Strategi ini merupakan sebuah upaya untuk mempertahankan konsumen lama yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan.
Saat melakukannya, memasarkan produk pada konsumen existing lebih mudah daripada pasa konsumen yang baru.
Dengan keberadaan tersebut, tentu saja keuntungan yang diperoleh akan lebih besar apabila cara ini bisa diterapkan dengan baik.
Manfaat Strategi Marketing Customer Retention
1. Mempertahankan Konsumen Lama
Customer retention bisa mempertahankan konsumen yang lama supaya tetap memilih produk Anda.
Dengan demikian, Anda tidak harus takut denganadanya persaingan bisnis dari kompetitor. Karena, konsumen Anda tidak ingin beralih pada pesaing anda.
2. Meningkatkan Kepuasan Konsumen
Konsumen lama telah merasakan pelayanan Anda dari awal.
Maka dari itu, mereka mengetahui cara Anda melayani mereka dan bisa lebih mudah mengetahui apabila ada perbedaan.
Dalam program ini, Anda dapat meningkatkan berbagai segi pelayanan sehingga bisa meningkatkan kepuasan konsumen menjadi lebih maksimal.
3. Meningkatkan Engagement Konsumen
Anda harus bisa menjalin hubungan dengan konsumen.
Jangan sampai konsumen anda merasa tidak diperhatikan, bahkan tidak melakukan interaksi dengan brand Anda.
Manfaat retensi konsumen ini mengharuskan Anda mendengarkan konsumen mengenai produk. Baik itu keluhan, saran, dan lain-lain.
BACA JUGA : Memahami Customer Journey Melalui TahapĀ Digital Marketing Funnel
Cara Menerapkan Strategi Customer Retention untuk Meningkatkan Keuntungan
1. Mengajak Konsumen Membuat Akun
Anda harus mengajak konsumen anda untuk membuat akun. Tujuannya, supaya konsumen lebih mudah saat membeli produk lagi.
2. Membangun Interaksi Personal
Jangan menggunakan kata konsumen untuk menyapa pelanggan Anda.
Usahakan untuk menyebutkan nama konsumen secara spesifik di setiap interaksi bisnis yang dilakukan. Hal tersebut akan membangun kedekatan.
3. Menyediakan Berbagai Pilihan Produk
Mempunyai berbagai pilihan produk bisa mempermudah konsumen untuk membeli produk sesuai dengan kebutuhan.
Maka dari itu, menyediakan berbagai pilihan produk dapat menjadi strategi customer retention yang baik.
4. Mengadakan Customer Loyalty Program
Adalah sebuah strategi yang bisa dalam rangka customer retention.
Pada program ini, Anda bisa memberi hadiah dan penawaran khusus atas kesetiaan konsumen yang menggunakan produk Anda.