Strategi Pemasaran Inbound dan Cara Memaksimalkannya
Marketing

Strategi Pemasaran Inbound dan Cara Memaksimalkannya Pada Bisnis

Inbound Marketing

Inbound Marketing – Sebuah bisnis harus menentukan strategi apa yang akan digunakan dan bagaimana bisnis mereka setelah menggunakan strategi tersebut. Ada berbagai strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis salah satunya inbound marketing. 

Pengertian Inbound Marketing

Inbound marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang bisa membantu audiens supaya lebih mudah untuk menemukan bisnis anda. Sehingga dengan menggunakan strategi marketing ini, bukan bisnis yang akan mencari pelanggan, namun sebaliknya, para pelanggan yang akan mencari bisnis anda.

Hal yang perlu dilakukan yaitu menjadikan pelanggan mencari bisnis Anda dan selanjutnya medorong merekaagar tertarik pada bisnis. Anda harus mempunyai strategi yang paling tepat untuk membuat audiens tertarik dan berminat untuk melakukan pembelian. 

Memaksimalkan Strategi Inbound Marketing
Attract (Menarik Perhatian)

Dalam proses ini anda harus berfokus untuk menarik perhatian pelanggan yang ditargetkan. Hal tersebut harus dilakukan karena pelanggan belum mengenali bisnis anda dan anda harus mengenalkannya. Terdapat beberapa strategi marketing yang dapat digunakan untuk memperkenalkan produk yaitu:

SEO

Content marketing

Social media marketing

Digital Advertising

Convert

Anda harus bisa menjadikan orang yang potensial supaya mereka melakukan pembelian. Maka dari itu, anda harus memiliki informasi kontak mereka, baik itu alamat email, nomor telepon, dan lain-lain. Jika anda belum mengetahui bagaimana cara memperoleh informasi kontak pelanggan, anda bisa menggunakan beberapa cara seperti:

Form

Landing page

Close

Dalam proses ini adalah waktunya anda mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Anda bisa menjalankannya dengan memanfaatkan informasi kontak yang diperoleh dalam proses convert dan mengirimkan informasi yang bisa menarik perhatian mereka.

Delight

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan anda bisa mengubah mereka menjadi konsumen anda. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sangatlah penting. Karena mencari pelanggan baru lebih sulit daripada menjaga pelanggan yang pernah membeli produk anda.

Perbedaan Strategi Outbound dan Inbound Marketing

Bedanya dengan strategi outbound marketing yang berfokus untuk mendatangkan pelanggan dari luar, memanfaatkan strategi yang sebaliknya dari outbound marketing. Perbedaan kedua strategi tersebut terdapat dalam bagian outbound marketing, pelanggan dikenalkan produknya lebih dulu dan apabila mereka mereka merasa tertarik maka mereka akan melakukan pembelian. Sementara inbound marketing, pebisnis akan menggunakan konten untuk melakukan promosi bisnis yang tidak langsung. 

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Harus Mempelajari Digital Marketing
Back To Top