Strategi Pemasaran Search Engine Marketing
Digital MarketingSEM

Strategi Pemasaran Search Engine Marketing

Strategi Pemasaran Search

Strategi Pemasaran Search Engine Marketing – Apabila strategi ini digunakan dengan baik, maka bisa membuat bisnis yang sedang dijalankan semakin berkembang dengan pesat.

Tidak heran jika banyak pebisnis yang berusaha untuk memahami strategi marketing ini.

Tapi, sebelum menerapkan Search Engine Marketing ini sebagai strategi bisnis, maka anda harus memahaminya terlebih dahulu.

Apa Itu Search Engine Marketing?

Search Engine Marketing merupakan bentuk pemasaran yang dijalankan di internet dan tujuannya untuk meningkatkan keberadaan website dalam halaman hasil mesin pencarian.

Hal lain yang menyebutkan bahwa istilah tersebut artinya membeli traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google.

SEM atau Search Engine Marketing adalah salah satu dari banyak metode yang ada dalam internet marketing.

Apabila SEM diterapkan dengan tepat, perkembangan bisnis akan semakin berkembang dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Strategi Pemasaran Search Engine Marketing

1. Cara Kerja

Cara kerja dari SEM yaitu seorang pengiklan melakukan bidding pada kata kunci yang mereka inginkan.

Selain itu, hal tersebut harapannya bahwa setiap orang yang melakukan pencarian pada kata kunci tersebut, akan memilih website atau iklan mereka.

2. Keunggulannya

Keunggulan dari SEM yang pertama yaitu bisa menentukan target audiens yang tepat sasaran.

Caranya yaitu dengan menentukan karakteristik dari target audiens di Google Ads.

Keunggulan selanjutnya yaitu Search Engine Marketing adalah pengiklan bisa menentukan sendiri berapa budget yang akan dikeluarkan.

Keunggulan yang ketiga dari yaitu hasilnya relatif lebih cepat.

Selain itu, keunggulan yang paling utama yaitu bisa berpotensi untuk meningkatkan convertion rate.

Caranya yaitu dengan membidik kata kunci dengan search intent pembelian.

BACA JUGA : Manfaat Search Engine Marketing bagi Website Bisnis

3. Contoh

Contoh dari SEM yaitu ada berbagai macam format dalam strategi ini, yaitu format yang berbentuk text, dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) seperti produk, harga, review, dan rating yang sifatnya visual.

4. Perbedaan SEM dengan SEO

Perbedaan antara Search Engine Optimization dengan Search Engine Marketing yaitu dari segi tampilan dalam mesin pencarian.

Tampilan yang muncul dalam SEM mempunyai tanda iklan atau Ad. Sementara, dari SEO tidak terdapat tanda iklan didalamnya.

Website dengan SEO akan ditampilkan dibawah website yang telah menggunakan SEM.

5. Biaya

Search Engine Optimization marketing merupakan strategi yang dapat digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Tapi, untuk menampilkan website dengan SEO, pengiklan memerlukan beberapa strategi.

Back To Top