Remarketing merupakan sebuah strategi agar terus terhubung dengan audiens yang sebelumnya pernah melakukan interaksi dengan website, aplikasi maupun e-commerce. Sederhananya, pebisnis akan memasang iklan khusus untuk pengguna yang sebelumnya pernah melakukan interaksi.
Hal tersebut yang disebut sebagai strategi Remarketing yang digunakan oleh para pebisnis untuk mendorong pengguna untuk membeli produk maupun membangun kesadarn merk untuk para pelanggan lama atau pelanggan baru. Tools yang biasanya sering digunakan untuk menggunakana strategi ini yaitu Google AdWords, Facebook Ads bagi Facebook dan Instagram Ads bagi Instagram.
Manfaat Remarketing bagi Bisnis
Meningkatkan Jangkauan Audiens
Sebagian pengguna tidak akan melakukan sebuah Tindakan dan langsung keluar Ketika berkunjung pada website. Dengan hal tersebut, Remarketing memiliki peran yang penting untuk meningkatkan jangkauan audiens. Saat ada pengguna yang pernah melakukan inetraksi dengan website anda dan tidak melakukan tindakan, pebisnis dapat memasukkannya pada sebuah daftar Remarketing dan memperlihatkan sebuah iklan pada audiens.
Mempertahankan Hubungan Dengan Audiens
Jika audiens sering melakukan interaksi dengan website dan kemudian meninggalkannya bahkan tidak ingat pada nama brand yang telah dikunjungi. Maka pebisnis bisa memasukkannya pada daftar Remarketing dan memperlihatkan iklan terhadap audiens, mereka akan bisa mengingat nama brand dan mungkin akan melakukan pembelian produk. Hal itu juga sangat penting untuk dilakukan sebagai branding produk sebuah bisnis.
Meningkatkan Keterkaitan Iklan
Ketika menerapkan Remarketing, pebisnis bisa menampilkan iklan yang berkaitan dengan apa yang sudah diakses oleh audiens dalam website.
Cara Mengoptimalkam Remarketing
Membatasi Frekuensi Iklan
Apabila ingin memberikan informasi yang tepat pada para audiens, anda perlu membatasi tampilnya frekuensi iklan. Karena, jika iklan terlalu sering tampil, maka audiens akan beranggapan hal tersebut adalah spam, yang kemudian membuat audiens tidak ingin mengakses website karena terlalu banyak iklan.
Melakukan Analisis
Anda harus bisa untuk terus menguji coba mengenai user experience.Anda bisa menggunakan Tool Analitycs untuk melakukan analisis website. Anda harus mengetahui mana yang bisa dioptimalkan supaya meningkatkan traffic website anda.
Jadi, intinya Remarketing merupakan sebuah Strategi Marketing yang bisa digunakan dengan baik oleh pebisnis. Karena dengan menggunakan strategi remarketing, para pebisnis bisa lebih mudah untuk meningkatkan penjualan yang tinggi, dan juga bisa memenuhi kebutuhan target audiens yang telah ditentukan.