Tahapan Branding – Para pebisnis tentu saja ingin memepunyai produk yang mudah untuk dikenali oleh pelanggannya. Jadi, mengetahui tahapan dan strategi untuk mengolah brand dengan tepat sangat diperlukan oleh perbisnis yang ingin produknya laku terjual.
Sederhananya, brand merupakan berbagai identitas maupun atribut yang ada dalam sebuah produk yang menjadikan produk tersebut lebih mudah untuk diingat oleh pelanggannya Sedangkan branding merupakan sebuah strategi melakukan interaksi pemasaran yang telah direncanakan dan dirancang dengan matang untuk membangun dan mengembangkan produk dari brand tersebut.
Inilah beberapa tahapan branding yang perlu diketahui:
1. Brand Awareness
Brand awareness merupakan kemampuan audiens untuk mengenal sebuah produk di antara berbagai produk yang sama dengan kompetitor anda.
Membuat sebuah brand mudah untuk diingat oleh pelanggan tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan waktu dan usaha yang tepat dimulai dari memperkenalkan brand yang sama sekali belum dikenal hingga membuatnya sering diingat (top of mind).
2. Brand Loyalty
Brand loyalty (kesetiaan pada brand) merupakan kesetiaan dari konsumen anda pada suatu brand. Tingkat kesetiaan konsumen pada sebuah brand juga bermacam-macam, dimulai dari pelanggan yang tidak mempunyai kesetiaan sama sekali, pelanggan yang sangat sensitif pada perubahan harga, pelanggan yang melakukan pembelian produk karena kebiasaan dan pelanggan yang terkait secara emosional pada sebuah brand.
Beberapa strategi yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kesetiaan konsumen pada brand anda yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik, menjalin hubungan emosional dengan konsumen dan sering mengadakan promo bagi konsumen yang setia.
3. Brand Association
Mungkin konsumen juga membutuhkan media untuk membantu mengenal produk anda. Alat bantu tersebut dapat berbentuk tagline, iklan pendek, manfaat yang diperoleh konsumen, harga, mudahnya penggunaan, brand ambassador dan lain-lain. Jadi, itulah yang disebut brand association.
4. Perceived Quality
Salah satu hal yang paling diperlukan pada branding yaitu kualitas. Tidak dapat dipungkiri, kualitas yang baik bisa menjadi strategi branding yang tepat, dan akan menjadikan konsumen setia pada produk bisnis anda. Karena konsumen melakukan pembelian dan menggunakan produk anda dengan harapan bahwa kualitasnya sesuai dengan harga, bukan hanya sekedar tampilan fisiknya saja.
Setelah anda memahami informasi mengenai branding, maka anda dapat merencanakan dan menyusun strategi branding yang sesuai dengan brand produk anda.