Tahapan Penting Dalam Marketing Funnel - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Tahapan Penting Dalam Marketing Funnel

Tahapan Pada Marketing Funnel

Tahapan Pada Marketing Funnel – Marketing funnel merupakan sebuah kata lain dari customer journey. Marketing funnel dan customer journey keduanya sama membahas proses seseorang yang awalnya tidak mengetahui brand, mengenal, mempertimbangkan, melakukan proses pembelian, memberi nilai pada produk, sampai menjadi pelanggan  yang setia.

Tahapan Pada Marketing Funnel

1. Kesadaran

Awareness merupakan tahapan yang paling penting untuk melakukan promosi sebuah bisnis. Tahapan awal ini membuat Anda bisa mencakup lebih banyak calon pelanggan.

Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah strategi marketing yang terkait pada proses pembuatan konten. Melalui konten yang di buat, target pasar akan mendapat banyak informasi.

Traditional Public Relations

Jenis promosi ini mungkin saja Anda sudah familiar. Seperti pada strategi ini yaitu membuat event serta kerja sama sponsor.

2. Blog

Blog adalah media marketing yang berguna bagi bisnis. Mungkin saja bagi bisnis Anda akan menemukan pelanggan yang potensial.

Media Sosial

Social media marketing adalah sebuah cara untuk promosi yang begitu populer. Untuk melakukan promosi melalui strategi ini cukup mudah. 

Website

Calon pelanggan akan mempertimbangkan bagaimana pelayanan serta user experience saat proses mencari produk. Itulah kenapa website tentu penting untuk menjadi pertimbangan. 

Email Marketing

Cara ini merupakan strategi calon pelanggan untuk jangka panjang, dan saat pelanggan tidak sempat melihat kembali konten yang di buat dalam media sosial.

3. Purchase / Membeli 

Dalam tahap purchase ini Anda sedang berhubungan dengan waktu. Saat melakukan proses pembelian yang lama, bisa saja kehilangan pelanggan.

Promo

Mencoba untuk menggunakan promo serta diskon menjadi strategi marketing. Anda dapat memilih momen yang penting seperti peringatan hari khusus, tanggal cantik, dan momen awal bulan.

Upselling

Agar nominal transaksi semakin besar, Anda bisa melakukan upsell pada pelanggan. Berarti, Anda menyediakan berbagai produk pelengkap barang yang dibeli pelanggan

Reminder

Cara untuk melancarkan tahap purchasing yaitu mengirim reminder. Karena, biasanya pengunjung akan lupa untuk menyelesaikan pembayaran pembelian.

Live chat

Menyertakan fitur yang ini sebenarnya cukup mudah, apalagi jika Anda menggunakan website berbasis WordPress. Anda cukup  memasang plugin tambahan saja.

4. Retention / Membeli Kembali

Agar pelanggan lama ingin membeli kembali, biasanya bisnis akan bergantung terhadap kualitas produk atau layanan.

Reward / Poin

Mengklaim poin belanja adalah strategi rentention yang biasanya sering digunakan. Poin tersebut nantinya dapat ditukar dengan produk dan kejutan tertentu.

Merekomendasikan Produk

Cara untuk menarik pelanggan lama bisa dengan mengirim rekomendasi produk. Bukan sekedar rekomendasi yang disediakan, namun rekomendasi sesuai produk yang biasanya dibeli.

Pusat Bantuan

Fungsi dari fitur live chat dalam website adalah saat mengalami kesulitan, pertanyaan, dan juga komplain pelanggan bisa lebih mudah menjangkau Anda.

Advocacy / Testimoni

Tahap advokasi adalah tahap akhir pada marketing funnel. Lebih menariknya, funnel yang ini tercipta oleh pelanggan.

Review

Review, promosi dari mulut ke mulut, testimoni, biasanya terbukti akan bisa mendapatkan pelanggan baru. 

Referral

Menggunakan program referral merupakan cara lain untuk mulai funnel marketing terbaru. Beda dengan review yang bersifat organik.

Reseller

Sama tapi tidak bebeda. Reseller juga bisa menguntungkan untuk sebuah bisnis dan promotor sebuah bisnis.

Baca Juga : Dalam Divisi Marketing Ada Apa Saja?
Back To Top