Tahapan Pada Marketing Funnel – Marketing funnel merupakan sebuah kata lain dari customer journey. Marketing funnel dan customer journey keduanya sama membahas proses seseorang yang awalnya tidak mengetahui brand, mengenal, mempertimbangkan, melakukan proses pembelian, memberi nilai pada produk, sampai menjadi pelanggan yang setia.
Tahapan Pada Marketing Funnel
1. Kesadaran
Awareness merupakan tahapan yang paling penting untuk melakukan promosi sebuah bisnis. Tahapan awal ini membuat Anda bisa mencakup lebih banyak calon pelanggan.
Content Marketing
Content marketing merupakan sebuah strategi marketing yang terkait pada proses pembuatan konten. Melalui konten yang di buat, target pasar akan mendapat banyak informasi.
Traditional Public Relations
Jenis promosi ini mungkin saja Anda sudah familiar. Seperti pada strategi ini yaitu membuat event serta kerja sama sponsor.
2. Blog
Blog adalah media marketing yang berguna bagi bisnis. Mungkin saja bagi bisnis Anda akan menemukan pelanggan yang potensial.
Media Sosial
Social media marketing adalah sebuah cara untuk promosi yang begitu populer. Untuk melakukan promosi melalui strategi ini cukup mudah.
Website
Calon pelanggan akan mempertimbangkan bagaimana pelayanan serta user experience saat proses mencari produk. Itulah kenapa website tentu penting untuk menjadi pertimbangan.
Email Marketing
Cara ini merupakan strategi calon pelanggan untuk jangka panjang, dan saat pelanggan tidak sempat melihat kembali konten yang di buat dalam media sosial.
3. Purchase / Membeli
Dalam tahap purchase ini Anda sedang berhubungan dengan waktu. Saat melakukan proses pembelian yang lama, bisa saja kehilangan pelanggan.
Promo
Mencoba untuk menggunakan promo serta diskon menjadi strategi marketing. Anda dapat memilih momen yang penting seperti peringatan hari khusus, tanggal cantik, dan momen awal bulan.
Upselling
Agar nominal transaksi semakin besar, Anda bisa melakukan upsell pada pelanggan. Berarti, Anda menyediakan berbagai produk pelengkap barang yang dibeli pelanggan
Reminder
Cara untuk melancarkan tahap purchasing yaitu mengirim reminder. Karena, biasanya pengunjung akan lupa untuk menyelesaikan pembayaran pembelian.
Live chat
Menyertakan fitur yang ini sebenarnya cukup mudah, apalagi jika Anda menggunakan website berbasis WordPress. Anda cukup memasang plugin tambahan saja.
4. Retention / Membeli Kembali
Agar pelanggan lama ingin membeli kembali, biasanya bisnis akan bergantung terhadap kualitas produk atau layanan.
Reward / Poin
Mengklaim poin belanja adalah strategi rentention yang biasanya sering digunakan. Poin tersebut nantinya dapat ditukar dengan produk dan kejutan tertentu.
Merekomendasikan Produk
Cara untuk menarik pelanggan lama bisa dengan mengirim rekomendasi produk. Bukan sekedar rekomendasi yang disediakan, namun rekomendasi sesuai produk yang biasanya dibeli.
Pusat Bantuan
Fungsi dari fitur live chat dalam website adalah saat mengalami kesulitan, pertanyaan, dan juga komplain pelanggan bisa lebih mudah menjangkau Anda.
Advocacy / Testimoni
Tahap advokasi adalah tahap akhir pada marketing funnel. Lebih menariknya, funnel yang ini tercipta oleh pelanggan.
Review
Review, promosi dari mulut ke mulut, testimoni, biasanya terbukti akan bisa mendapatkan pelanggan baru.
Referral
Menggunakan program referral merupakan cara lain untuk mulai funnel marketing terbaru. Beda dengan review yang bersifat organik.
Reseller
Sama tapi tidak bebeda. Reseller juga bisa menguntungkan untuk sebuah bisnis dan promotor sebuah bisnis.