Tingkatan Brand Awareness yang Harus Diketahui - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Tingkatan Brand Awareness yang Harus Diketahui

Tingkatan Brand Awareness yang Harus Diketahui

Tingkatan Brand Awareness yang Harus Diketahui – Dalam keadaan sadar atau mengetahui apa yang terjadi, Awareness pada bisnis maknanya juga berkaitan dengan hal tersebut.

Namun, yang paling sering Anda dengar yaitu Brand Awareness. 

Pengertian

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan hingga batas mana pelanggan Anda bisa mengingat atau mengenal brand dalam keadaan yang berbeda-beda.

Bsa juga dikatakan bahwa pelanggan mempunyai pengetahuan atau informasi mengenai sebuah brand.

Brand awareness berarti pelanggan mempunyai kemampuan untuk mengenal atau mengingat sebuah brand.

Seperti nama, gambar, logo, dan slogan tertentu yang digunakan oleh brand tersebut untuk melakukan promosi produknya. 

Kemampuan pelanggan untuk mengenal dan mengingat brand mempunyai peran besar dalam keputusan seseorang untuk memutuskan melakukan pembelian.

Sebuah transaksi pembelian bisa menjadi cukup sulit untuk dilanjutkan jika pelanggan baru pertama kali mengetahui jenis produk dari brand tersebut.

Hal ini yang membuat brand awareness sangat penting bagi bisnis  karena bukan hanya bisa memancing pelanggan untuk melakukan pembelian saja.

Tapi, kesadaran merk juga menjadikan pelanggan merasa yakin untuk terus melakukan pembelian kembali. 

Selain itu, apabila mereka puas pada produk yang Anda pasarkan, kemungkinan besar mereka akan memberi tahu orang lain tentang brand Anda dan tentunya bisa membantu bisnis Anda agar menjadi lebih berkembang. 

Hal ini biasanya digunakan sebagai alat ukur performa sebuah brand.

Setiap tahunnya, para pemilik bisnis berusaha untuk terus memperbaiki dan meningkatkan brand awareness bisnis mereka.

BACA JUGA : Tips Membangun Brand Awareness bagi Bisnis UMKM

Tingkatan Brand Awareness yang Harus Diketahui

Brand Recognition

Atau bisa disebut aided recall, merupakan kemampuan pelanggan untuk mengenal sebuah produk ketika mereka melihat produk tersebut.

Belum tentu pelanggan bisa mengingat nama brand, tapi mereka bisa mengenalnya  saat melihat visual dari produk tersebut seperti tampilan, logo, slogan, dan warnanya. 

Brand Recall

Biasanya disebut unaided recall atau spontaneous recall, hal ini mengacu terhadap kemampuan pelanggan untuk langsung mengingat nama sebuah brand dari ingatan mereka berdasarkan kategori produk.

Dalam tingkatan ini, pelanggan hanya harus mendengar kategori produk atau melihat produk sekilas yang mereka perlukan untuk mengingat brand produk tersebut.  

Top-of-Mind Awareness

Top of mind awareness (TOMA) mengacu kepada brand atau produk tertentu yang pertama kali muncul dalam pikiran pelanggan mereka sedang memikirkan  kategori tertentu atau industri.

Back To Top