Tipe-tipe Headline yang Dapat Menarik Perhatian Audiens - maxx99 - Digital Agency
Content Marketing

Tipe-tipe Headline yang Dapat Menarik Perhatian Audiens

Tipe-tipe Headline – Headline adalah hal yang paling utaman dalam menuis konten. Hanya dengan melihat headline saja Anda bisa dipengaruhi untuk melakukan suatu tindakan seperti mengklik post atau membeli sebuah produk hanya dari membaca judul yang terdapat di sampulnya. Ini merupakan kehebatan dari sebuah headline yang mampu mempengaruhi alam bawah sadar Anda dengan sekilas membaca dan dapat menarik pelanggan Anda.

Headline adalah bagian terpenting dari sebuah konten yang tujuan utamanya menarik orang agar berhenti membacanya. Headline bisa memuat 50% dari isi konten, sehingga dalam pemilihan kata untuk headline tidak boleh asal, harus mewakili isi dari semua konten. Gunakan tipe headline di bawah ini agar konten yang Anda buat dapat menarik perhatian audiens.

Selective Headline

Tipe headline yang satu ini bertujuan untuk membidik target market yang berbeda-beda dan lebih spesifik. Contohnya, Anda ingin menjual produk kosmetik khusus untuk perempuan atau jersey futsal hanya untuk laki-laki. Nah, tipe headline ini cocok diaplikasikan ke iklan atau campaign Anda.

Curiosity Headline

Curiosity headline yang tujuannya untuk membuat audiens penasaran dan greget ingin kepoin tulisan yang dibaca. Salah satu contoh headline Curiosity adalah “Ternyata gini loh cara membangun komunikasi yang baik dengan calon pelanggan”. Tipe headline ini cocok kamu pakai di dalam subject email, blast, konten Instagram, dan push notification.

Baca Juga : Gunakan Strategi FOMO untuk Mencuri Hati Calon Pembeli!

Gimmick Headline

Tipe headline ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan rima. Selain itu, gimmick headline kadang menggunakan huruf kapital yang bertujuan untuk menekankan sebuah kata. Dengan jenis ini, headline kamu akan terkesan anti-mainstream! Beberapa contoh dari Gimmick headline adalah:

  • WAJIB ADA! STRATEGI DIGITAL MARKETING YANG MENGUNTUNGKAN BISNIS ANDA!
  • HANYA HARI INI! Claim diskon 70% SEKARANG!
Fear Headline

Dari namanya, mungkin kamu sudah menyadari bahwa fear headline digunakan untuk menakut-nakuti calon pelanggan. Maksud dari menakut-nakuti adalah mengajak calon pelanggan untuk segera menerima tawaran suatu produk. Biasanya, jenis headline ini ada di campaign diskon, flash sale, atau launching koleksi limited edition. Dengan headline ini, calon pembeli akan terpancing dan tertarik untuk beli produk sebelum kehabisan. 

Question Headline

Jenis headline ini yang paling memainkan emosi audiens karena headline yang berbentuk pertanyaan, membuka pikiran, mengingatkan, dan menjawab rasa penasaran audiens. Jenis headline ini cocok untuk membangun brand awareness dan kedekatan yang lebih baik dengan audiens. Contoh dari Question Headline adalah: 

  • Benarkah influencer marketing dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda?
  • Apa pentingnya menggunakan digital marketing agency bagi bisnis Anda?

Leave a comment

Back To Top