Tips Membangun Brand Awareness bagi Bisnis UMKM – Saat ini, pemasaran digital atau digital marketing memiliki peran besar untuk mengembangkan bisnis.
Strategi ini biasanya banyak digunakan perusahaan karena dinilai bisa meningkatkan kinerja bisnis.
Meski demikian, pebisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga harus menerapkan strategi ini.
Hal tersebut karena digital marketing merupakan hal penting untuk meningkatkan brand awareness pelanggan pada produk atau jasa yang dipasarkan.
Sebagai informasi, Brand Awareness adalah istilah marketing yang menggambarkan pengetahuan pelanggan pada produk.
Dengan brand awareness yang baik, produk atau jasa yang dipasarkan oleh UMKM akan dikenal oleh masyarakat luas.
Hal ini juga merupakan salah satu factor untuk meningkatkan penjualan bisnis.
Oleh karena itu, pebisnis UMKM harus bisa membangun ekosistem digital marketing secara maksimkal.
Salah satunya, melalui platform media sosial.
Tips Membangun Brand Awareness bagi Bisnis UMKM
Membuat Konten Video
Penggunaan konten video merupakan salah satu strategi yang bisa diterapkan oleh pebisnis UMKM untuk membangun brand awarenesss.
Sebelum membuat konten, anda harus mencari tahu pasar dari produk yang akan diperkenalkan.
Anda bisa melakukan riset untuk mengetahui jenis konten yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.
Apabila konten telah selesai dibuat, anda bisa membagikannya ke media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.
Buatlah akun sosmed khusus bisnis di berbagai platform supaya calon pelanggan lebih mudah untuk menemukan nama atau produk yang dicari.
BACA JUGA : Cara Meningkatkan Nilai Jual Produk dengan Brand Awareness
Berkolaborasi dengan Influencer
Pebisnis UMKM juga bisa memanfaatkan influencer untuk membangun brand awareness dalam sosial media.
Cara ini juga menjadi strategi digital marketing yang paling banyak dilakukan, bahkan oleh perusahaan besar sekalipun.
Dengan cara tersebut, anda bisa membangun brand awareness dari followers atau pengikut influencer yang berkolaborasi dengan anda.
Bahkan, followers juga berpotensi untuk menjadi pelanggan baru.
Memasang Iklan
Selain efektif, iklan dalam sosial media juga relatif lebih terjangkau daripada beriklan melalui media konvensional.
Maka dari itu, anda harus mempelajari model iklan yang sedang tren dalam sosial media.
Karena, model iklan di Instagram berbeda dengan iklan di Twitter atau Facebook.
Setelah memahami hal tersebut, anda bisa mulai membuat promo menarik, seperti memberi harga spesial atau paket bundling.
Selain itu, anda juga bisa bekerja sama dengan UMKM lain untuk membangun brand awareness.