Tips Menggunakan Media Sosial untuk Customer Service - maxx99 - Digital Agency
Social Media

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Customer Service

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Customer Service

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Customer Service – Kini, media sosial dapat digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membangun reputasi brand, salah satunya yaitu platform customer service.

Dengan memberikan pelayanan pelanggan yang baik dalam media sosial, Anda bisa meningkatkan engagement dalam platform yang digunakan.

Tentunya, hal tersebut bisa membantu untuk membangun kepercayaan audiens pada brand Anda.

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Customer Service

Membuat Akun Khusus

Anda harus membuat akun khusus pelayanan pelanggan dalam media sosial.

Artinya buat profil khusus yang tujuannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan memberikan solusi bagi masalah mereka.

Melakukan hal ini membantu Anda untuk menyaring permasalahan yang dialami pelanggan saat menggunakan produk atau jasa Anda.

Perhatikan Obrolan Mengenai Brand

Hal ini membuat Anda bisa memberikan customer service yang baik dalam media sosial.

Dengan memperhatikan percakapan mengenai brand, Anda bisa memberikan bantuan bagi pelanggan yang mengalami masalah.

BACA JUGA : Tips Membuat Sosial Media Plan bagi Bisnis

Menentukan Guideline dari Brand

Melakukan customer service dalam media sosial adalah kesempatan dan tantangan tersendiri.

Sehingga, penting bagi Anda untuk membuat sguideline tentang kegiatan customer service.

Bersikap Proaktif

Apabila pelanggan sering menanyakan hal yang sama, itu tandanya Anda harus memberikan sumber informasi yang dapat diakses secara mandiri.

Channel pelayanan pelanggan merupakan platform yang bagus untuk membagikan konten edukasi mengenai produk atau jasa Anda.

Mengelola Harapan Pelanggan

Anda bisa memberi tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk memberi tanggapan pada masalah yang dialami mereka.

Beri tahu pelanggan apabila ada sumber lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah mereka atau mendapat jawaban dengan lebih cepat.

Selalu Memberikan Tanggapan

Meskipun terkesan simpel, penting bagi Anda untuk selalu memberijab respons pada pesan yang meminta bantuan secepat mungkin.

Hal tersebut menunjukkan kepedulian Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Memanfaatkan Platform dengan Engagement Tinggi

Memanfaatkan platform dengan engagement tinggi untuk meningkatkan aksesibilitas pelanggan untuk menyelesaikan masalah pada produk Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memantau diskusi audiens tentang brand Anda dengan mudah.

Menanggapi Direct Message

Arahkan pelanggan untuk menceritakan masalahnya lewat dm dalam platform media sosial.

Hal ini menunjukkan kepedulianmu terhadap masalah konsumen.

Tidak hanya itu, hal ini juga memungkinkan bantuan yang diberikan dapat dibuat = untuk membantu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Back To Top