Tips Supaya Tampilan Desain UX Aplikasi dalam Android Optimal
Design

Tips Supaya Tampilan Desain UX Aplikasi dalam Android Optimal

Tampilan Desain UX

Tampilan Desain UX – Bisa dikatakan bahwa perangkat android kini menguasai pasar handphone karena harganya yang relatif murah daripada perangkat yang lainnya. Saat ini pengguna smartphone semakin banyak didunia, bahkan saat ini hamper semua orang sudah memiliki dan menggunakan perangkat ini.

Namun bisa dikatakan  sistem persetujuan pada Google Play Store kini masih belum ketat, dan mungkin saat ini ada aplikasi yang masih kekurangan bahkan ada yang tidak memperhatikan desain UXnya.

Inilah beberapa hal penting yang ahrus diperhatikan supaya desain UX dalam aplikasi android tampil menarik.

1. Adaptif

Cara membuat desain untuk mengatasi hal ini adalah yaitu dengan menciptakan Desain Android yang Adaptif dan dapat menyesuaikan diri pada berbagai layar handphone.

Mungkin untuk para desainer, menciptakan desain yang adaptif sudah begitu familiar. Desain adaptif ini awalnya dari framework desain website yang Responsif. Apabila anda membaca panduan Desain Google, desain UI yang adaptif yaitu untuk menyediakan banyak kebutuhan untuk ukuran layer yang berbeda pada satu desain.

2. Floating Action Button

Floating Action Button (FAB) merupakan tombol yang mewakili perilaku utama pada sebuah aplikasi, seperti menulis E-mail merupakan perilaku utama pada Gmail.

3. Splash Screen

Saat google mengenalkan Splash Screen dalam aplikasinya, banyak sekali komunitas android yang sudah membicarakan fungsi fitur tersebut pada aplikasi handphone. Mereka tidak mempercayai fitur tersebut karena bisa mempengaruhi loading dalam aplikasi.

Splash Screen  membuat pengguna berpikir aplikasi loading dengan cepat, tapi padahal sebenarnya tidak.

Baca Juga : Prinsip yang Baik Untuk Membuat Desain UX

Desain Android UX yang baik yaitu performa dan proses mengirim UI aplikasi cepat pada pengguna, tidak menghabiskan banyak waktu dengan tampila layar yang tidak dibutuhkan. Apabila desain UI aplikasi tidak bisa memberikan reputasi merk dengan baik tanpa memanfaatkan layer yang tidak berguna, bahkan desain aplikasi bisa dikatakan gagal.

4. Navigasi

Navigasi aplikasi merupakan sebuah bentuk interaksi langsung antara pengguna dan pembuat desain aplikasi tersebut. Apabila penggunanya mengalami masalah navigasi ketika mengoperasikan aplikasi, maka aplikasi tidak berhasil secara strukturnya.

Desain Android UX dengan baik membutuhkan desain navigasi yang kuat serta mudah dipahamu dan sesuai dengan model navigasi Android. Sangat penting untuk aplikasi supaya bisa menjaga konsistensi dalam semua perangkat android yang menggunakan model UI.

Back To Top