UGC – atau User Generated Content merupakan strategi pemasaran baik. Adapun beberapa tips yang dapat dipertimbangkan dalam menggunakan UGC ke strategi pemasaran:
Review dari User merupakan salah satu jenis UGC
Ajak pelanggan untuk meninggalkan komentar atau review mengenai brand kita ke situs, facebook ataupun situs review lainnya.
Review dari pengguna adalah salah satu jenis UGC yang bisa meningkatkan traffic. Cara yang dapat digunakan juga antara lain memberikan kupon, poin ataupun kartu hadiah kepada pelanggan untuk memotivasinya.
Jika mendapat review negatif, tidak perlu berputus asa, anggap itu adalah peluang untuk memperbaiki brand. Review positif maupun negatif sama-sama penting untuk membantu brand terlihat autentik.
Menggunakan Tagar Khusus untuk Membuat Konten
Salah satu ide yang dapat diterapkan UGC adalah membuat konten seperti kontes di media sosial dan menggunakan tagar atau hashtag khusus.
Dorong para pengguna untuk membagikan konten foto atau video ke media sosial dengan hashtag khusus untuk memenangkan sebuah hadiah. Dengan kontes ini, dapat meningkatkan keterlibatan pengguna, membangun kesadaran serta ada kemungkinan untuk meningkatkan penjualan.
Hastag yang digunakan harus yang simpel, mudah diingat namun unik.
Baca Juga : Peran User Generated Content bagi Brand dan Produk
Membuat Gamification untuk membantu UGC
Menciptakan gamification yang berarti pengguna harus menyelesaikan misi atau hal sejenisnya agar mendapatkan hadiah atau reward atas keikutsertaannya.
Dapat menggunakan konsep seperti level, peringkat, poin dan lainnya untuk pengguna menyelesaikan misi dan membagikan hasil pencapaian para pengguna di media sosial. Hasil gamification tersebut lalu dibagikan ke media sosial dan memungkinkan pengguna membagikan hasil tersebut karena merasa puas atas pencapaian mereka.
Brand kita juga akan diuntungkan karena ketika pelanggan membagikan konten tersebut, secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan reach dan visibilitas di media sosial.
Memberikan Ruang untuk Pengguna
Pengguna yang memberikan tag atau hashtag brand kita di unggahan media sosial mereka merupakan salah satu peluang strategi pemasaran.
Kamu dapat posting kembali konten yang diunggah oleh pengguna ke platform media sosial dengan catatan meminta izin sebelumnya. Tidak hanya memanfaatkan UGC bagi brand, namun juga sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang berminat pada brand.
Berikut adalah tips yang dapat digunakan untuk strategi UGC dalam pemasaran brand. Semoga membantu ya.