Tren Content Marketing – Tren konten marketing tahun 2023 mungkin akan membuat pebisnis untuk menemukan strategi konten yang efektif. Terdapat berbagai peluang berinovasi dari perkembangan teknologi serta bermacam-macam jenis konten yang semakin menarik.
Tapi karena banyaknya jenis konten tersebut, pebisnis harus melakukan pertimbangan lebih banyak untuk menerapkan strategi konten yang sesuai dengan brand bisnis.
Jadi, seperti apa tren konten pada tahun 2023 mendatang?
1. E-commerce
E-commerce diperkirakan akan berkembang semakin pesat di tahun 2023, karena pelanggan saat ini semakin mementingkan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan cepat. Adanya e-commerce ini harus dikembangkan oleh pebisnis untuk menarik perhatian pelanggan.
2. Konten Video
Saat ini, konten video semakin disukai dan dianggap akan semakin berkembang pada tahun 2023 mendatang. Apalagi, video bisa memperlihatkan berbagai produk yang membutuhkan gambaran visual dengan jelas. Bukan hanya bisa menarik perhatian saja, bahkan konten video juga lebih populer dan memiliki potensi untuk mengenalkan produk dengan lebih mudah.
Baca Juga : Strategi Content Marketing yang Bisa Diterapkan Pada Website
3. SEO
Meskipun konten video dianggap lebih mudah dipahami, tapi mesin pencari masih bisa mendatangkan pengunjung yang banyak untuk brand. Konten video efektif untuk memberikan informasi dengan cara yang menghibur, padat namun mudah untuk dipahami.
Sedangkan, untuk informasi yang lebih lengkap, biasanya pengguna akan mencari dan menemukannya dalam search engine google. Jadi itulah alasana mengapa pebisnis harus mengoptimalkan strategi SEO ini untuk membangun brand awareness, atau untuk meningkat konversi.
4. Influencer marketing
Influencer atau Key Opinion Leader (KOL) ini biasanya hanya membuat sebuah konten yang sesuai dengan persiapan dari brand. Dengan begitu, anda dan anggota yang harus menentukan konsep, informasi, serta objek dari kampanye yang nantinya diserahkan terhadap influencer. Anda harus waspasa karena sekarang ini pengguna sensitif pada kejujuran pada kampanye yang akan memanfaatkan influencer.
5. Metaverse
Gabungan dari dunia metaverse dan game sangat sesuai untuk diterapkan dalam brand yang fokus terhadap target audiens Gen Z dan Gen Alpha. Sebagai pebisnis, anda harus melakukan riset tentang apa saja peluang marketing yang bisa dimaksimalkan dari berkembanganya teknologi metaverse dan juga game.
Itulah beberapa tren content marketing tahun 2023. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menerapkan tren yang sesuai dengan bisnis.