Digital Marketing 2023– Tentu saja trend digital marketing akan semakin berkembang. Maka dari itu, para pebisnis saat ini harus mengetahui strategi marketing yang semakin berkembang.
Ada beberapa perbedaan dari kegiatan digital marketing tahun 2023 yang dimana digital marketing menjadi lebih menarik karena lebih mengutamakan interaksi yang bersifat dua arah daripada tren digital marketing sebelumnya yang lebih mengarah terhadap kegiatan branding dan interaksi yang bersifat satu arah.
Tren Digital Marketing 2023:
1. Content Marketing
Strategi content marketing bisa membantu anda untuk meraih tujuan marketing yang sudah direncanakan. Strategi bukan hanya mencakup konten yang dibuat,tapi dimulai dari perencanaan hingga proses pembuatan.
2. User Experience
Tren digital marketing kedepan juga diperkirakan akan berfokus terhadap peningkatan user experience. Dalam era digital sekarang ini, para pelanggan ingin melakukan proses transaksi dengan lebih cepat.
Baca Juga : Mengenal Istilah Lead Generation dalam Digital Marketing
3. User-Generated Content
User-generated content mungkin akan selalu menjadi tren digital marketing hingga tahun 2023. Strategi digital marketing ini dinilai paling efektif untuk membangun kredibilitas dari para audiens pada brand anda.
4. Influencer
Hal ini karena influencer mempunyai pengikut yang lebih banyak dan niche tertentu sesuai dengan niche merek. Strategi digital marketing ini sudah banyak digunakan dan mungkin akan lebih banyak dimanfaatkan di tahun 2023.
Strategi influencer marketing tentu berhubungan dengan penggunaan sosial media marketing. Dalam berbagai platform media sosial, pasti akan ada banyak sekali influencer.
5. Email Marketing
Ternyata, menggunakan email marketing dianggap masih cukup efektif, meskipun adanya berbagai teknologi untuk pemasaran. Mungkin saja, anda akan melewatkan beberapa pembuatan konten, tapi hal tersebut tidak akan terjadi dalam email marketing, yang dimana promosi produk masih bisa diberikan pada target audiens.
6. Artifical Intelligence (AI) dan Machine Learning
Menurut laporan Mac Sources, marketer bisa menggunakan AI dan machine learning untuk mendukung strategi marketing. Bisnis mungkin bisa melakukan investasi pada teknologi ini. Bukan hanya efisien, teknologi ini juga bisa mendukung bagian dari customer journey.
7. Livestreaming
Livestreaming shopping begitu populer dan memang sering dilakukan oleh berbagai bisnis untuk meningkatkan penjualan, dimulai dari pakain, produk kecantikan dan masih banyak lagi.
Jadi, itulah perkiraan mengenai tren digital marketing pada tahun 2023 mendatang. Semoga pembahasan artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk strategi bisnis anda.