Yuk Kenali Jenis-jenis Agency dan Cara Kerjanya! - maxx99 - Digital Agency
Digital Marketing

Yuk Kenali Jenis-jenis Agency dan Cara Kerjanya!

Suakaraya – Agency adalah perusahaan yang menyediakan jasa atau jasa tertentu untuk menyelesaikan suatu proyek yang umumnya seputar industri kreatif dan berkaitan dengan tujuan pemasaran pengguna jasanya, misalnya untuk tujuan pemasaran (marketing), branding atau periklanan.

Perkembangan teknologi digital dan internet berkembang pesat. Perusahaan dituntut untuk dapat beradaptasi dengan melakukan digitalisasi bisnisnya. Melalui pemasaran atau branding yang kuat dan tepat, penjualan juga akan tumbuh pesat.

Namun, banyak perusahaan yang tidak memiliki waktu lebih banyak untuk fokus pada kegiatan pemasaran dan sejenisnya, disinilah peran perusahaan agency sangat dibutuhkan.

Salah satu peran perusahaan agency adalah membantu klien dalam membuat strategi pemasaran, branding, atau kebutuhan lainnya sesuai permintaan. Karena klien bisa berasal dari berbagai industri, maka tim yang dibentuk oleh agensi tersebut adalah kumpulan orang-orang kreatif.

Jenis Agensi dan Cara Kerjanya

1. Digital Agency

Jenis perusahaan agency yang pertama adalah digital agency, yaitu penyedia layanan yang menggabungkan sisi pemasaran dan kreatif di era digitalisasi ini.

Umumnya layanan atau jasa yang ditawarkan oleh digital agency adalah SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), web design & development, media campaign, dan lain-lain.

Oleh karena itu, tim digital agency biasanya adalah orang-orang yang memiliki keterampilan pemasaran, copywriting, UI/UX, desain web, dan keterampilan terkait lainnya.

2. Advertising Agency

Sesuai dengan namanya, advertising agency merupakan lembaga yang fokus pada penyediaan jasa periklanan (advertising) sekaligus pemasaran.

Cara kerja advertising agency adalah membantu klien membuat kampanye beserta pesan yang ingin mereka sampaikan kepada pelanggan sasaran sesuai keinginan dan permintaan klien.

Oleh karena itu, keterampilan pemasaran juga diperlukan karena dalam penyusunan campaign diperlukan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan efektif.

3. Marketing Agency

Jika kedua jenis agency tersebut termasuk pemasaran, pada jenis ketiga ini agency melakukan kegiatan pemasaran yang lebih eksklusif.

Cara kerja marketing agency adalah dengan memberikan konsultasi dan pengembangan strategi pemasaran. Oleh karena itu, tim di agency jenis ini harus benar-benar menguasai keterampilan pemasaran dan memiliki pengalaman terkait.

Karena hal ini akan membantu proses operasional agen pemasaran, yang mungkin melibatkan riset pasar, pengembangan produk, jenis strategi pemasaran, dan lain-lain.

4. Branding Agency

Branding agency, merupakan agensi yang berfokus pada branding suatu bisnis, mulai dari pembentukannya hingga pengembangan dan pembaruan merek jika diperlukan.

Cara kerja sebuah branding agency adalah dengan membantu klien dalam pembentukan logo, pedoman merek, motto merek, hingga nada suara dan identitas apa yang ingin mereka sampaikan kepada target pasar atau pelanggan.

Lingkup kerja agensi branding meliputi pra-produksi, produksi, pascaproduksi, dan proses lain yang terkait dengan merek atau identitas bisnis.

Baca juga : https://suakaraya.com/mengapa-seri-web-populer-yuk-pelajari-tekniknya/

5. Public Relation Agency

Jenis perusahaan agency ini adalah agency humas atau disebut juga dengan PR agency. Hampir mirip dengan branding agency, fokus dari jenis agency ini adalah membantu klien dalam merepresentasikan brand image yang tersebar di masyarakat.

Bedanya dengan branding agency adalah PR agency hanya membantu klien dalam representasi, bukan pada pengelolaan dan penguatan brand image perusahaan. Misalnya seperti jasa pengadaan press release, talk show, event atau event perusahaan lainnya.

6. Creative Agency

Sesuai dengan namanya, creative agency adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam pengelolaan hal-hal kreatif. Misalnya seperti pembuatan konten, citra merek, video merek, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, tim creative agency terdiri dari orang-orang kreatif seperti desainer grafis, videografer, art director, ilustrator, dan posisi lain yang dibutuhkan dalam produksi konten kreatif.

7. Entertainment Agency

Jenis perusahaan agency yang terakhir adalah entertainment agency yang bergerak di bidang industri hiburan dan menghasilkan penyanyi, musisi, penari, model, dan sebagainya.

Oleh karena itu, cara kerja entertainment agency adalah sebagai perantara bagi orang-orang berbakat tersebut dan memperkenalkannya kepada publik. Agency jenis ini juga mengelola semua kebutuhan para artis, mulai dari branding hingga proyek tempat mereka akan tampil.

Contoh yang cukup familiar adalah perusahaan agensi hiburan untuk artis K-Pop seperti HYBE Label, SM Entertainment, YG Entertainment.

Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top