Tips untuk Menulis Deskripsi Riwayat Pekerjaan di LinkedIn
Social Media

Tips untuk Menulis Deskripsi Riwayat Pekerjaan di LinkedIn

Tips Menulis Pekerjaan LinkedIn

Tips Menulis Pekerjaan LinkedIn – Merupakan suatu platform yang dapat di gunakan untuk memperoleh pekerjaan. Agar diihat oleh rekruter, kamu perlu membuat deskripsi riwayat pekerjaan dengan menarik menggunakan LinkedIn.

Riwayat pekerjaan merupakan salah satu karakteristik yang dipakai oleh rekruter untuk mencari orang yang tepat. Rekruter akan memilih orang yang sesuai dengan pengalaman kerja dan sangat berkaitan dengan kriteria yang dibuthukan.

Cara menulis deskripsi riwayat pekerjaan yang menarik di LinkedIn-mu:

1. Sesuaikan dengan CV

CV atau resume bisa membantu untuk membuat riwayat pekerjaan dengan baik. Pastikan kamu menulis tahun, nama perusahaan, serta jabatan yang sesuai dengan yang ada di resume.

2. Kaitkan pekerjaanmu dengan perusahaan

Sesuai penjelasan LinkedIn, akan dimintai untuk menuliskan nama perusahaan saat membuat riwayat pekerjaan di LinkedIn. Apabila perusahaan tempat kerja mempunyai profil di LinkedIn, maka LinkedIn akan menghubungkan pengalaman pekerjaanmmu ke perusahaan tersebut.

Baca Juga : Inilah Manfaat LinkedIn untuk Karier

Jadi, profil perusahaan akan muncul di profilmu. Profilmu juga akan tampil di profil perusahaan sebagai karyawan yang bekerja.

3. Menulis pembuka deskripsi riwayat pekerjaan

Tulis kata pembuka yang menarik. Pakai 2 sampai 3 kata untuk memberi gambaran pada rekruter mengenai yang dilakukan di pekerjaanmu, seperti fakta dan angka.

4. Menggunakan kalimat aktif

Saat menuliskan deskripsi riwayat pekerjaan dalam LinkedIn, gunakanlah kalimat aktif pada deskripsimu. Tuliskan apa yang akan dilakukan dengan kalimat tindakan seperti mengerjakan, memimpin, dan lainnya. Tuliskan deskripsi riwayat pekerjaanmu menggunakan kalimat aktif.

5. Menggunakan kata kunci

Gunakan kata kunci apapun yang perlu di gunakan untuk pekerjaan. Bandingkan deskripsi pekerjaanmu dengan skill yang diperlukan pekerjaan. Cantumkan skillmu untuk kata kunci pada deskripsi di profil LinkedIn.

6. Cantumkan prestasimu di awal deskripsi

Kamu dapat menuliskannya di awal deskripsi riwayat pekerjaanmu.

7. Buat deskripsi beberapa paragraf.

Tuliskan deskripsi riwayat pekerjaanmu jadi tiga bagian:

  • Tuliskan singkat tentang perusahaan dan pekerjaan.
  • Tugas dan pekerjaanmu.
  • Apa Saja yang sudah diraih pada pekerjaan tersebut

Bagi setiap paragraf tersebut menggunakan spasi agar mudah dibaca.

8. Periksalah gaya bahasa yang digunakan

Saat membuat deskripsi riwayat pekerjaan, tulislah dengan gaya bahasa formal. Baik di saat menulis menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Perhatikanlah juga saat ada kesalahan mengetikan saat menuliskan deskripsi sebelum menyimpan ke profilmu.

Back To Top