Pentingnya Melakukan Riset Pasar bagi Bisnis - maxx99 - Digital Agency
Marketing

Pentingnya Melakukan Riset Pasar bagi Bisnis

Riset Pasar

Riset Pasar – Saat membangun sebuah bisnis, salah satu Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu riset pasar. Apabila Anda ingin mencakup target audiens, membangun brand image lebih kuat, dan bisa mempengaruhi keputusan untuk melakukan pembelian, maka dengan melakukan riset pasar adalah hal yang tepat.

Penjual harus bisa memasarkan produk ditempat yang tepat, dan harga yang sesuai, serta bagi pelanggan yang tepat. Bukan itu saja, penjual juga harus mengetahui apakah pelanggan puas pada prduk anda, jadi pelanggan akan tetap setia pada produk Anda.

Alasan Pentingnya Riset Pasar Bagi Bisnis Anda

1. Mengantisipasi masalah dalam Peluang di Pasar

Membantu untuk menentukan peluang pasar yang baru pada produk yang telah tersedia atau produk terbaru. Riset ini bisa memberi Anda informasi mengenai peluang pasar, sifat kompetisi, hingga tingkat kepuasan konsumen, performa bisnis, dan channel pemasaran. Informasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan yang ada diperusahaan Anda.

2. Menetapkan Strategi Pasar secara Matang

Kini pasar bukan hanya lokal saja, tapi sudah global. Perusahaan akan sulit untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan menggunakan channel pemasaran. Jika melakukan riset yang matang, Anda bisa merancang strategi pasar dengan lebih efektif, dan bisa menentukan kebutuhan atau kebiasaan pelanggan.

Baca Juga : Trik Menggunakan Google Trends untuk Riset Pasar Bisnis Anda
3. Meningkatkan Penjualan

Ini digunakan untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja perusahaan dalam suatu pasar. Ini juga mempelajari efektivitas tenaga penjualan dan mengidentifikasi wilayah penjualan yang paling potensial.

4. Memperkirakan Penjualan

Membantu untuk memprediksi penjualan dengan memanfaatkan strategi persentase pasar, strategi perkiraan tenaga penjualan, dan strategi penilaian. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk meningkatkan hasil penjualan dan startegi pemasaran selanjutnya.

5. Menghidupkan Kembali Brand

Dimanfaatkan untuk mengetahui dan memahami tempat produk atau brand position Anda. Cara ini dilakukan untuk menjelajahi luasnya brand dan mungkin saja bisa mengubah nama brand tersebut.

6. Mempermudah Untuk mengenalkan Produk Baru

Bisa untuk mencoba produk baru dalam pasar dengan skala yang kecil. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk melihat tanggapan pelanggan pada produk baru tersebut, jadi Anda bisa meningkatkan strategi marketing mix secara efektif. Dengan begitu, cara tersebut bisa meminimalisir risiko yang mungkin akan terjadi saat mengenalkan produk.

Back To Top